Update Stabil Android 11 Resmi Diluncurkan, Ini Deretan Fitur Barunya

Posted on

kinemaster.co.id – Sesuai laporan pada bulan Juli lalu, Google secara resmi telah merilis pembaruan stabil untuk Android 11 pada tanggal 8 September. Akan tetapi, pembaruan stabil tersebut hanya tersedia untuk perangkat Google Pixel yang memenuhi persyaratan. Sementara untuk ponsel merek lainnya, Google baru merilis update beta terbuka.

Apa yang baru?

Android 11 menghadirkan menghadirkan banyak sekali fitur baru, serta beberapa improvisasi tampilan di dalamnya. Bagi kalian yang penasaran fitur baru apa saja yang dihadirkan Google di versi terbaru OS Android ini, berikut telah kami rangkum-kan beberapa di antaranya.

Gelembung obrolan (untuk aplikasi perpesanan)

Google telah mengadopsi gelembung obrolan milik Facebook Messenger, dan menyebutnya dengan gelembung obrolan. Sekarang pengguna dapat melakukan percakapan chat tanpa perlu membuka aplikasi, cukup tekan gelembung obrolan yang tampil di layar seperti Facebook Messenger.

Perekam Layar

Akhirnya Android sekarang memiliki aplikasi perekam layar native, artinya pengguna tidak perlu lagi menginstal aplikasi perekam layar pihak ketiga di dalam ponsel. Aplikasi perekam tampilan layar ini juga sudah membawa sejumlah fitur yang sering kita jumpai pada aplikasi sejenis lainnya.

Lihat Juga :   Lenovo Legion Gaming Phone Pro, Varian Baru Legion Gaming Phone Series?

Pintasan Perangkat Pintar

Butuh akses cepat untuk beberapa perangkat smart home yang terhubung? Sekarang pengguna tidak perlu repot – repot lagi untuk membuka aplikasi, cukup tekan tombol daya di sekitar perangkat dan sistem akan langsung mendeteksi perangkat apa saja yang terhubung.

Kontrol perizinan

Sekarang pengguna dapat mengatur kontrol untuk perizinan aplikasi, bahkan bisa memilih untuk memberikan izin satu kali akses saja. Fitur ini baik untuk melindungi privasi, atau berbagai aplikasi jahat yang ada di Android. Nantinya pengguna dapat memilih untuk memberikan izin akses aplikasi hanya pada saat aplikasi tersebut ingin digunakan saja, menarik ya?

Permission Auto-Reset

Pada Android 11, aplikasi yang sebelumnya diberikan izin akan tetapi lama tidak digunakan, permintaannya akan disetel ulang secara otomatis. Artinya, izin akan dihapus dan pengguna harus memberikan izin akses ulang saat aplikasi tersebut ingin digunakan kembali.

Peluncuran Android 11

Untuk saat ini pembaruan Android 11 ini baru tersedia untuk perangkat Pixel, kecuali Pixel generasi pertama yang masa dukungan-nya telah habis. Ini sedikit berbeda jika kita kembali ke belakang, sekitar dua tahun lalu Google merilis update resmi stabil untuk beberapa merek sekaligus.

Lihat Juga :   Xiaomi Dikabarkan Akan Menghentikan Produksi Ponsel 4G Pada Akhir 2020 Mendatang

Sekedar informasi, beberapa vendor juga telah meluncurkan pembaruan Beta Android 11 ini. Salah satunya adalah OnePlus dengan OxygenOS 11 untuk OnePlus 8 dan OnePlus 8 Pro, kemudian ada Realme dengan X50 Pro. Lanjut ke Xiaomi dengan Mi 10 dan Mi 10 Pro, dan terakhir adalah OPPO untuk beberapa model seperti Find X2 series , Ace2, dan Reno3 series.

Gravatar Image
Menulis untuk mengisi waktu luang.