Waspada, Trojan Android Jenis Baru Ditemukan di Google Play Store

Posted on

Anda sering mengunduh dan mencoba berbagai aplikasi yang tersedia di Google Play Store, jika iya sepertinya anda harus sedikit berhati – hati mulai sekarang. Baru – baru ini sejumlah analisis yang berfokus pada malware perangkat pintar khususnya smartphone menemukan ada beberapa jenis trojan yang berkeliaran bebas di Google Play Store.

Program perusak tersebut dimasukkan ke dalam beberapa jenis aplikasi Android, mulai dari Alarm, pemindai QR, photo editor, penguji kecepatan internet hingga aplikasi penjelajah file. Menurut data Google, semua aplikasi tersebut baru saja diperbaharui sekitar bulan oktober – november.

Berikut ini dafatar beberapa aplikasi yang di indikasi tersimpan program perusak atau Malware tersebut :

  • QR Code Generator
  • Photo Collage Maker
  • Funny Alarm Clock
  • Pro Magnetic Compass
  • Broadband Speed Test
  • File Explorer

Lalu bagaimana cara kerja Malware tersebut?

Mari kita coba bahas Malware dari AsiaHitGroup,  QR Code Generator. Secara tampilan, aplikasi ini sangat sederhana dan terkesan biasa saja tidak terdapat keanehan di sana. Anda baru akan menemukan keanehan ketika berusaha meng-uninstall aplikasi tersebut dari daftar aplikasi ponsel anda.

Lihat Juga :   Penampakan Langsung Asus ROG 3 Bocor, Berikut Spesifikasinya

Jangan panik, coba ingat dimana lokasi aplikasi ini di instal, urutkan dari alamat lokasi instalasi-nya. Jika sudah ketemu, anda akan mendapat sedikit kejutan dimana ternyata aplikasi ini berubah nama menjadi program pengelola unduhan.

Malware ini memaksa anda untuk mendownload aplikasi sms trojan, dengan cara mengarahkan halaman depan anda ke url aplikasi berbahaya tersebut. Pada beberapa percobaan yang dilakukan, program ini menyasar untuk pengguna di Asia Tengara termasuk Indonesia.

Sejatinya google telah berusaha menutup semua celah aplikasi jahat, agar tidak masuk ke dalam toko aplikasi mereka dengan menghadirkan Google Play Protect Namun tetap saja masih bisa kecolongan. Bagaimana dengan ponsel anda, apakah sudah aman dari program perusak?