WhatsApp Berencana Menghentikan Dukungan ke Sebagian Ponsel Android

Posted on

Lewat sebuah pengumuman, WhatsApp akan mulai menghentikan dukungan ke sebagian ponsel Android. Keputusan ini akan mulai diberlakukan pada tanggal 1 Februari 2020 mendatang. Sebenarnya kebijakan ini tidak berlaku pada Android device saja, melainkan beberapa perangkat iPhone, Windows phone dan Blackberry juga termasuk di dalamnya.

Dalam keterangannya tersebut, WhatsApp mengatakan akan menghentikan dukungan untuk perangkat Android yang menjalankan sistem operasi Android 2.3 (Gingerbread) ke bawah. Ini berarti ke depan-nya tidak menutup kemungkinan pada update ke depan, WhatsApp akan mengikuti rolling versi OS mirip seperti yang dilakukan oleh Apple.

Untuk kalian yang masih menggunakan WhatApp di perangkat Android versi 2.3, untuk saat ini masih bisa menikmati berbagai layanan yang disediakan WhatsApp. Akan tetapi proses pendaftaran ulang atau verifikasi nomor baru sudah tidak bisa dilakukan lagi.

Whatsapp masih memberi tenggat waktu hingga 1 Februari 2020 mendatang. Setelah batas waktu berakhir, maka secara otomatis WhatsApp akan memutus layanan pada perangkat yang tidak memenuhi persyaratan tersebut.

Bagaimana cara agar tetap dapat menggunakan WhatsApp?

Cara yang paling mudah adalah dengan melakukan upgrade perangkat ke versi yang lebih baru. Ada banyak pilihan perangkat baru dengan harga yang semakin terjangkau saat ini. Ini merupakan opsi paling mudah dan tidak membuang – buang waktu, sekaligus merupakan pilihan bijak untuk jangka panjang.

Lihat Juga :   HTC Patenkan Desain Smartphone Lipat Dengan Tampilan Unik

Namun jika malas untuk membeli perangkat baru, kalian masih tetap dapat menggunakan WhatsApp di perangkat lama dengan cara menginstal Custom ROM. Cara kedua ini sangat tidak disarankan, Whatsapp sendiri mengatakan tidak akan bertanggung jawab atas segala kerusakan atau kerugian yang diakibatkan oleh sistem operasi yang di modifikasi.

Keputusan terakhir tetap di tangan kalian sendiri. Kami sudah pasti menganjurkan untuk mengganti perangkat ke versi terbaru. Dari pada melakukan modifikasi sistem. Keamanan menjadi alasan utama untuk pertimbangan ini.