Xiaomi Menjelaskan Teknologi di Balik Desain Transparan Mi TV Lux

Posted on

kinemaster.co.id – Xiaomi baru saja meluncurkan sebuah SmartTV dengan desain inovatif bernama Mi TV Lux. Tidak seperti SmartTV lainnya, TV buatan Xiaomi kali ini hadir dengan panel OLED transparan. Mungkin beberapa diantara kalian ada yang penasaran, bagaiman cara Xiaomi merancang TV transparan-nya ini? Tenang, artikel ini akan membahasnya secara lengkap.

Xiaomi Menjelaskan Teknologi di Balik Desain Transparan Mi TV Lux

Jika kalian bingung bagaimana Xiaomi merancang TV transparan-nya ini, rahasia terbesar-nya terletak pada docking berbentuk lingkaran yang diletakkan di bawah panel layar. Xiaomi menjelaskan secara rinci mengenai teknologi yang digunakan. Berikut cara perusahaan memindahkan komponen yang seharusnya berada di balik layar berpindah ke dasar layar sekaligus berfungsi sebagai penyangga.

Seperti yang kalian lihat pada gambar, bagian bawah TV ini memiliki sebuah docking berbentuk lingkaran. Selain berfungsi sebagai dudukan layar, docking ini juga berisi berbagai komponen utama dari Mi TV Lux. Bagian dalam dockin tersebut berisi prosesor, perangkat keras untuk sound, dan komponen elektronik lainnya. Bahkan di dalamnya juga terdapat heat sink, serta beberapa ventilasi yang berguna untuk membantu proses pendinginan secara konvektif.

Lihat Juga :   Inilah Deretan Fitur Keren Whatsapp Yang Jarang Diketahui

Layar yang digunakan Mi TV Lux merupakan panel OLED transparan, panel jenis ini dipilih lantaran dapat bekerja tanpa membutuhkan lampu latar di dalamnya. Berbeda dengan panel LCD yang mana membutuhkan bantuan cahaya eksternal untuk menampilkan gambar.

Tidak benar – benar transparan

Pada dasarnya, panel OLED yang digunakan Xiaomi pada SmartTV-nya tersebut tidak benar – benar transparan. TV ini memiliki desain Matriks RGBW unik dimana bagian piksel-nya hanya menutup separuh dari ukuran penuh panel, sementara sisanya dibiarkan transparan. Jika dilihat dari jarak normal kita tidak akan menyadari perbedaan tersebut, karena memang celah diantara keduanya sangat tipis. Itulah sebabnya TV ini nampak transparan hanya ketika dilihat dari jarak tertentu.

Panel layar TV ini memiliki lapisan kaca berukuran 55 inci, panel tersebut ditempel-kan ke permukaan panel OLED dengan menggunakan perekat UV agar nampak tersamarkan. Untuk memberikan perlindungan ekstra dan kesan kokoh, Xiaomi menambahkan bingkai logam tipis di sekeliling panel layar SmartTV-nya tersebut.

Lihat Juga :   Huawei Mate 40, Mate 40 Pro, dan Mate 40 Pro + Hadir Dengan Desain Baru & Performa Buas
Menulis untuk mengisi waktu luang.