Xiaomi Patenkan Desain Smartphone Lipat Bernama Z Fold Design

Posted on

kinemaster.co.id – Pada tahun 2019 lalu, Xiaomi sempat meluncurkan prototipe smartphone dengan desain lipat. Namun hingga kini, ponsel tersebut tidak pernah dirilis secara komersial entah apa alasan-nya. Baru – baru ini sebuah laporan menyebut, Xiaomi baru saja mengajukan paten untuk sebuah desain smartphone lipat dengan dua layar yang disebut ‘Z Fold Design’.

Xiaomi Patenkan Desain Smartphone Lipat Bernama Z Fold Design
Xiaomi Z Fold Design render | Foto credit ©LetsGoDigital

Kabar ini diungkap pertama kali oleh halaman LetsGoDigital. Pada laporan terbarunya tersebut, Xiaomi diketahui telah mengajukan paten ini ke WIPO (World Intellectual Property Office) dan telah disetujui sejak minggu lalu. Draft lampiran paten tersebut berisi 16 sketsa perangkat, dan jika kita amati terlihat bagian depan ponsel ini tidak ada yang spesial. Tapi begitu kita balik bagian belakangnya, ada beberapa bagian yang sangat menarik untuk kita bahas.

Bawa desain unik

Perangkat unik Xiaomi ini hadir dengan layar eksternal berukuran besar, hampir menutup penuh bagian body ponsel. Jika perangkat di lipat, layar ini berfungsi sebagai layar utama. Sebaliknya,  jika lipatan ponsel ini dibuka layar eksternal ini menjadi menghadap ke bagian belakang. Secara teknis, perangkat ini hadir dengan tiga buah layar dan dua buah engsel. Untuk layar utama-nya sendiri, perangkat ini tampil dengan panel berukuran penuh.

Lihat Juga :   Catat, Redmi Rilis Note 9 dan Note 9 Pro di Indonesia Tanggal 9 Juni Mendatang
Xiaomi Z Fold Design sketsa | Foto credit ©LetsGoDigital

Port USB dan speaker ditempatkan di bawah layar eksternal (layar utama ketika perangkat dilipat penuh). Sementara slot kartu SIM dan volume rocker berada di sisi bagian kanan perangkat. Menariknya, diantara slot SIM Card dan tombol volume tersebut ada sebuah tombol berukuran cukup besar. Dugaan kami sementara tombol tersebut disediakan untuk mekanisme buka tutup lipatan perangkat.

Sayangnya tidak diketahui apakah Xiaomi akan benar – benar memproduksi perangkat ini, setidaknya dalam waktu dekat ini. Meskipun tidak menutup kemungkinan di masa depan, menurut kami untuk sekarang Xiaomi tidak akan mewujudkan desain perangkat uniknya tersebut menjadi nyata. Pertimbangan akan berat, ukuran, dan situasi ekonomi saat ini tidak memungkinkan perusahaan untuk mengambil langkah tersebut.

Menulis untuk mengisi waktu luang.