Xiaomi Resmi Merilis Mi 11, Ponsel Pertama Dengan Dukungan Chipset Snapdragon 888

Posted on

kinemaster.co.id – Xiaomi akhirnya memperkenalkan seri flagship terbarunya, Xiaomi Mi 11. Ponsel ini secara resmi menjadi smartphone pertama dengan dukungan chipset terbaru miliki Qualcomm, yakni Snapdragon 888. Tidak hanya itu saja, Mi 11 menjadi seri ponsel dengan spesifikasi layar terbaik yang pernah dibuat oleh Xiaomi.

Desain Xiaomi Mi 11

Xiaomi Mi 11 hadir dengan desain melengkung, baik di bagian sisi depan maupun sisi belakang. Ponsel ini memiliki ketebalan 8,06 mm dengan berat 196 gram, lebih tipis dan ringan dibanding generasi sebelumnya.

Desain body Mi 11 | Foto credit ©GSMArena

Uniknya, selain hadir dengan beragam pilihan warna ‘ngejreng’, Xiaomi turut menghadirkan dua pilihan bahan untuk back covernya. Pilihan pertama adalah lapisan kaca Gorilla Glass, sementara pilihan kedua merupakan lapisan berbahan dasar kulit. Sementara untuk bagian frame Xiaomi mengandalkan frame berbahan dasar Alumunium.

Spesifikasi Xiaomi Mi 11

Xiaomi Mi 11 dibekali panel layar berjenis Super AMOLED Display dengan ukuran 6,81 inci. Layar tersebut memiliki resolusi Quad HD+ (1440 x 3200 piksel), serta hadir dengan sejumlah dukungan fitur paling canggih saat ini. Beberapa fitur tersebut antara lain, 1B Color, touch sampling rate 480Hz, HDR10+, serta dukungan refresh rate 120Hz. Sebagai keamanan, layar tersebut telah dilapisi dengan lapisan pelindung Gorilla Glass Victus atau Gorilla Glass 7.

Lihat Juga :   Qualcomm Perkenalkan Chipset 5nm Baru, Snapdragon 780G 5G
Ditenagai menggunakan chipset Snapdragon 888 | Foto credit ©GSMArena

Beralih ke bagian dapur pacu, ponsel ini menjadi ponsel pertama yang ditenagai menggunakan chipset Snapdragon 888. Chipset dengan fabrikasi 5nm tersebut merupakan salah satu chipset terbaik di pasaran untuk saat ini. Untuk mengimbangi peforma chipset tersebut, Xiaomi mengandalkan RAM bertipe LPDDR5 dengan dua pilihan kapasitas, yakni 8GB dan 12GB. Sementara untuk penyimpanan internal, Mi 11 telah menggunakan memori berkecepatan tinggi berjenis UFS 3.1 dengan kapasitas 256GB.

Baterai 4.600 mAh | Foto credit ©Sina

Untuk meng-akomodir kebutuhan daya, tersedia baterai dengan kapasitas 4.600 mAh. Ukurannya memang sedikit berkurang dibanding generasi sebelumnya, namun soal dukungan teknologi di dalamnya masih sama saja. Mi 11 mendukung pengisian cepat menggunakan kabel dengan output maksimal 55W, secara nirkabel 50W, dan reverse charging secara nirkabel 10W. Ponsel ini juga sudah mendukung berbagai teknologi seperti Quick Charge 4+, Quick Charge 3+, dan Power Delivery 3.0.

Layar dengan fingerprint sensor | Foto credit ©Gizmochina

Tidak ketinggalan Xiaomi turut membenamkan sensor fingerprint di bawah layar sebagai fitur tambahan keamanan ponsel. Selain bisa digunakan untuk membuka kunci, sensor tersebut dapat digunakan sebagai alat pembayaran, dan juga pendeteksi detak jantung.

Lihat Juga :   Huawei Mate 40, Mate 40 Pro, dan Mate 40 Pro + Hadir Dengan Desain Baru & Performa Buas

Selain itu, tersedia juga speaker stereo yang ditunning oleh Harman Kardon, dukungan dual nano-SIM, NFC, IR Blaster, WIFI 6, serta Bluetooth 5.2 dengan dukungan Qualcomm TrueWireless Stereo Plus. Untuk sistem operasi, ponsel ini akan menjalankan MIUI 12 dengan basis Android 11.

Spesifikasi kamera

Kamera menjadi salah satu fitur yang paling ditonjolkan Xiaomi pada seri ini. Xiaomi Mi 11 tercatat memiliki konfigurasi Triple-Camera di bagian belakang. Konfigurasi tersebut terdiri dari lensa utama 108MP 1 / 1.33 ″ dengan aperture f / 1.85, lensa 7P, dan ukuran piksel 1.6μm. Kemudian sebuah lensa sudut super lebar 13MP dengan bidang pandang 123 °, dan sebuah kamera makro tele beresolusi 5MP 50mm.

Xiaomi Resmi Merilis Mi 11, Ponsel Pertama Dengan Dukungan Chipset Snapdragon 888
Detail spesifikasi kamera | Foto credit ©Sina

Untuk kamera depan, tersedia satu buah lensa tunggal berukuran 20MP yang disematkan ke dalam sebuah lubang punch- hole di bagian atas kiri layar.

Xiaomi Resmi Merilis Mi 11, Ponsel Pertama Dengan Dukungan Chipset Snapdragon 888
Desain modul kamera unik | Foto credit ©Xiaomi

Fitur kamera pada Mi 11 dikemas dengan berbagai fitur menarik, bahkan beberapa diantaranya tidak bisa ditemukan pada ponsel lain. Seperti mode video Super Night Scene yang memungkinkan pengguna merekam video dalam kondisi cahaya redup menggunakan Night Mode. Ada juga perekaman video 8K bersama dengan mode profesional, mode Video LOG, dukungan untuk format HEIF, Lensa Sinematik, dan banyak filter film klasik.

Lihat Juga :   3 Alasan Kenapa Konsep Ponsel Modular Seharusnya Dihidupkan Lagi

Harga & ketersediaan

Meski hadir dengan segudang fitur unggulan, Mi 11 ternyata dibanderol dengan harga cukup terjangkau. Untuk varian penyimpanan 8/128GB ponsel ini ditawarkan mulai dari ¥ 3999 (Rp 8,6 jutaan), sementara untuk varian 8/256GB dibanderol dengan harga ¥ 4299 (Rp 9,2 jutaan). Sedangkan varian paling tinggi 12/256GB, dibanderol dengan harga ¥ 4699 (Rp 10,1 jutaan).

Tidak ada charger dalam kemasan | Foto credit ©Sina

Untuk variasi warna, tersedia beberapa pilihan warna menarik seperti Biru, Hitam, dan Putih. Ponsel ini dijual tanpa pengisi daya, namun Xiaomi menyediakan edisi bundling dengan pengisi daya GaN 55W untuk periode terbatas.

Xiaomi akan membuka keran pre-order pertama pada tanggal 1 Januari 2021 mendatang. Untuk sementara Mi 11 hanya tersedia di pasar Cina, dan tidak ada informasi apakah perangkat ini akan tersedia untuk pasar global.

Menulis untuk mengisi waktu luang.