Yandex Rusia, Mengenal Apa Itu Mesin Pencari Rusia Pesaing Google

Posted on

Yandex Rusia – Yandex adalah perusahaan berbasis teknologi terbesar di Rusia yang menyediakan layanan mesin pencari atau pesaing mesin pencari Google. Nama Yandex memang cukup asing di telinga masyarakat Indonesia, namun Yandex sudah sangat populer di kalangan masyarakat Rusia.

Hal ini cukup wajar mengingat masyarakat utama di dunia hanya mengenal Google sebagai mesin pencari yang sering digunakan di internet. Sudah jarang orang mendengar istilah mesin pencari bernama Yandex.

Seperti Google, Yandex adalah mesin pencari yang memungkinkan penggunanya untuk mengakses sesuai dengan kata kunci yang diberikan melalui internet.

Soalnya, smartphone berbasis Android sebagai pengusung Google memang banyak digunakan. Sangat wajar jika smartphone sudah memiliki aplikasi bawaan seperti Google, Play Store, dan lain-lain. Ini karena kamu dapat menggunakan aplikasi pabrikan tanpa perlu mengunduh dan menginstal aplikasi tambahan.

Yandex sudah mulai bersaing dengan Google dengan berbagai fitur yang dikandungnya.

Tentang Yandex Rusia

Yandex Rusia

Awal mula berdirinya Yandex dimulai pada tahun 1990 ketika Arkady Volozh dan Arkady Borkovsky mendirikan Arkadia, sebuah perusahaan yang mengembangkan perangkat lunak MS-DOS untuk digunakan dalam paten dan klasifikasi barang.

Kemudian pada tahun 1993, Arkady Volozh dan teman-temannya Ilya Sagalovich bekerja sama mengembangkan mesin pencari di internet.

Mereka akhirnya menggunakan Yandex yang berasal dari kata ‘Yet Another iNDEXer’. Yandex secara resmi diperkenalkan ke publik pada September 1997 dan pertama kali dipamerkan di pameran Softool di Moskow.

Yandex juga menciptakan berbagai produk teknologi, seperti aplikasi navigasi, iklan online, E-Commerce, mesin pencari internet, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, tidak heran jika produk-produk Yandex di bidang teknologi yang sudah dikenal masyarakat Rusia tidak dapat ditemukan dengan mesin pencari Yandex yang biasa digunakan oleh masyarakat Rusia.

Yandex sendiri merupakan mesin pencari paling populer di Rusia, bahkan mengalahkan Google. Menurut beberapa sumber, Yandex bahkan memiliki lebih dari 50 persen pengguna di Rusia. Hal ini menjadi lebih banyak digunakan daripada Google.

Lihat Juga :   Samsung Gandeng Insinyur Stanford Kembangkan Layar OLED 10.000 PPI

Yandex juga semakin populer di Rusia setelah Smartphone Android di Rusia memutuskan untuk tidak lagi menjadikan Google sebagai mesin pencari default di perangkat mereka mulai tahun 2017.

Jadi, orang Rusia paham betul tentang nasionalisme dengan menggunakan produk-produk buatan negaranya sendiri. Dalam hal ini, mesin pencari Yandex, yang tentunya juga berdasarkan kebijakan politik dan pemerintah di sana.

Selain Rusia, Yandex juga banyak digunakan di Belarus, Kazakhstan, Tajikistan, dan beberapa negara lainnya. Hal ini menjadikan Yandex sebagai salah satu mesin pencari terbesar kelima di dunia setelah Google, Bing, Yahoo, dan Baidu.

Fitur-Fitur Pada Yandex Rusia

Fitur-Fitur Pada Yandex Rusia

Untuk sebuah mesin pencari tentunya pasti ada kelebihan, kekurangan, dan fitur yang terdapat di dalamnya sebagai daya tarik tersendiri bagi penggunanya.

Bagi orang selain Rusia, tentunya akan menarik untuk dicoba. Ini karena ada beberapa fitur menarik yang perlu kamu ketahui di mesin pencari Yandex. Setiap fitur memiliki fitur tertentu yang dapat digunakan untuk tujuan tertentu.

1. Yandex.Connect

Layanan B2B dari Yandex yang lebih condong ke konektivitas di jaringan internet yang bermanfaat bagi banyak orang. Secara umum, fitur ini tidak terlalu diperlukan.

2. Fitur Pada Yandex Rusia, Yandex.Browser

Yandex Browser adalah layanan pencarian untuk mencari dan mendapatkan banyak informasi dengan menerapkan mesin pencarinya. Fungsinya mirip dengan Google, namun ada kelebihan dan kekurangan yang membuatnya berbeda.

Seperti dari tampilan situs pencarian di internet yang menggunakan bahasa Rusia. Kemudian teknologi yang digunakan didesain seperti Google Chrome yang berbasis Chromium. kamu akan tahu perbedaannya ketika kamu mengalaminya sendiri.

Lihat Juga :   Xiaomi Rilis Redmi 9A Dengan Penyimpanan 4GB RAM + 128GB di Cina

3. Yandex.Disk

Seperti Google Drive, Yandex juga memiliki layanan penyimpanan digital dalam versi Yandex.

4. Fitur Pada Yandex Rusia, Yandex.DNS

Yandex DNS adalah layanan DNS gratis yang dirilis oleh Yandex untuk semua publik tanpa layanan apa pun. Fitur ini gratis, tidak dipungut biaya.

5. Yandex.Gambar

Itu adalah mesin pencari gambar khusus dari Yandex. kamu dapat mencari gambar yang diinginkan dengan mengetikkan kata kunci atau kata kunci tertentu atau menggunakan gambar.

6. Yandex.Mail

Layanan email atau surat elektronik yang tidak memiliki batasan penyimpanan. Kemudian dapat digunakan secara gratis untuk semua pengguna Yandex. Yandex mail ini mirip dengan Google Mail atau Gmail.

7. Yandex.Uang

Berikut adalah layanan pembayaran digital dari Yandex antar pengguna. Dengan menggunakan fitur ini, setiap pengguna dapat mentransfer sejumlah uang, bahkan tanpa biaya tambahan atau gratis.

8. Yandex.Taxi

layanan transportasi dari Yandex yang dapat menghubungkan pengguna dengan perusahaan layanan taksi di Rusia. Konsepnya mirip dengan taksi online dengan perantara pihak ketiga.

9. Yandex.Terjemahkan

Seperti Google Terjemahan, Yandex juga memiliki layanan terjemahan teks online

10. Yandex.Video

Sebuah layanan pencarian video oleh Yandex yang dapat diakses oleh penggunanya.

Keunggulan dan Kekurangan Yandex

Setelah mengenal lebih jauh tentang mesin pencari asal Rusia bernama Yandex, perlu diketahui juga bahwa mesin pencari ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan.

Pada dasarnya setiap aplikasi yang dibuat oleh manusia selalu memiliki kekurangan dan tidak ada yang sempurna. Begitu juga dengan Yandex.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya bagi kamu untuk mengetahui lebih detail apa saja kelebihan dan kekurangan mesin pencari sebagai bahan pertimbangan sebelum menggunakannya.

Keunggulan Mesin Pencari Yandex

  1. Kemampuan mesin pencarinya cukup bagus meski masih kalah dengan Google
  2. Beranda cukup menarik dengan gaya seperti majalah dengan banyak halaman
  3. Pengguna Yandex di kawasan Eropa, khususnya di Rusia dan sekitarnya sangat tinggi. Oleh karena itu, Yandex dapat menjadi pesaing serius bagi Google atau browser lain di Eropa
  4. Menu navigasi pada search engine cukup lengkap dan mudah dipelajari bagi pengguna pemula. Dengan begitu, kamu bisa mempelajarinya lebih cepat
  5. Mesin pencari Yandex memiliki sistem algoritma yang baik, sehingga dapat menampilkan informasi yang cukup lengkap dan akurat bagi penggunanya
Lihat Juga :   WhatsApp Berencana Menghentikan Dukungan ke Sebagian Ponsel Android

Kekurangan Mesin Pencari Yandex Rusia

  1. Loading yang dimuat terlalu lama untuk kelas mesin pencari. Namun lama tidaknya loading suatu aplikasi juga ditentukan oleh kestabilan jaringan internet yang digunakan
  2. sebagian besar pengguna merasa sulit untuk menavigasi. Bagi orang yang tidak berada di Rusia atau tidak mengerti bahasa pengantar Rusia, akan sulit untuk memahami
  3. Alat pencarian ini tidak disarankan bagi Anda yang menggunakan perangkat dengan spesifikasi rendah. Sedangkan untuk perangkat dengan spesifikasi menengah hingga tinggi, Yandex sangat direkomendasikan untuk Anda
  4. Kemungkinan masih ada virus, spam, atau malware di mesin pencari Yandex. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menjadi populer dengan antivirus terbaik dan terupdate saat Anda mengunduh dan menginstal file aplikasi di perangkat Anda.
  5. Algoritma Yandex belum mampu bersaing dengan Google
  6. Cakupan data indeks dan informasi yang dimiliki Yandex juga tidak sedetail Google. Oleh karena itu, Yandex dapat dikatakan masih dari Google

Demikian informasi lengkap tentang mesin pencari asal Rusia bernama Yandex, beserta fitur, kelebihan, dan kekurangan dari mesin pencari ini.

Artikel Lainnya :