Cara Cek BLT Dana Desa Online Bantuan 900rb

Posted on

Cara Cek BLT, Dana Desa merupakan salah satu program bantuan yang diberikan kepada masyarakat selama masa pandemi dari pemerintah. Dimana dana bantuan ini diambil dari anggaran Dana Desa yang dialihkan ke jaring pengaman sosial yang ada.

Seperti program bansos lainnya, penyaluran bantuan BLT Dana Desa juga memberikan manfaat yang sangat bermanfaat bagi masyarakat di pedesaan. Bantuan ini dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari masyarakat yang menerimanya.

Tentang Cara Cek  BLT Dana Desa

Cara Cek BLT Dana Desa

BLT Dana Desa atau Bantuan Langsung Tunai Dana Desa merupakan salah satu program yang ditujukan untuk membantu pemulihan perekonomian nasional. BLT ini memanfaatkan anggaran Dana Desa yang diharapkan dapat menjangkau masyarakat pedesaan di Indonesia.

Realisasi program bantuan perlindungan sosial ini sudah dimulai sejak tahun 2020 dengan dana yang telah mencapai Rp 23,74 triliun. Dimana untuk jumlah penerima manfaat sekitar 8,0 juta keluarga dengan besaran bantuan Rp. 600.000 per bulan untuk 3 bulan pertama mulai April 2020.

Sedangkan untuk periode enam bulan ke depan, besaran bantuan yang diberikan sebesar Rp. 300.000 per bulan. Dimana keluarga penerima bantuan program bantuan ini terdiri dari petani, nelayan, pedagang, pelaku usaha UMKM, buruh, dan juga guru.

Ketentuan Penyaluran BLT Dana Desa

Tentang Cara Cek  BLT Dana Desa

Program BLT Dana Desa memiliki ketentuan jumlah penerima yang akan menerima bantuan, dimana apabila Dana Desa yang tersedia kurang dari Rp 800 juta, maksimal 25% digunakan untuk kebutuhan BLT.

Sedangkan untuk daerah yang memiliki anggaran Dana Desa sebesar Rp. 800 juta menjadi Rp. 1,2 miliar, 30% dari anggaran tersebut digunakan untuk keperluan BLT Dana Desa. Dan untuk daerah yang anggaran Dana Desanya di atas Rp 1,2 miliar, 35% disalurkan ke Dana Desa BLT.

BLT Dana Desa diberikan selama 12 bulan, sedangkan syarat dan cara penyampaiannya telah diatur oleh masing-masing daerah melalui peraturan bupati atau walikota. Atau pemerintah daerah yang ikut memverifikasi kesesuaian data dan dokumen.

Pelaksanaan BLT Dana Desa 2022

Untuk periode Januari 2022, penyaluran BLT DD (Bantuan Langsung Tunai Dana Desa) telah mencapai Rp 1,28 triliun dengan total penerima lebih dari 4,27 juta keluarga. Total anggaran dari Dana Desa tahun 2022 mencapai Rp72 triliun dan untuk penyaluran BLT Dana Desa.

Lihat Juga :   Realme X2 Pro, Flagship Killer Terbaru Dari Realme?

Hal ini dilakukan sebagai salah satu cara untuk membantu masyarakat miskin pedesaan yang terinfeksi Covid-19.

BLT Dana Desa Dilanjutkan Tahun 2022

BLT Dana Desa masih berlanjut di tahun 2022, oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui cara cek BLT Dana Desa secara online + pencairan bantuan 900rb.

Selanjutnya, program bantuan diberikan kepada fakir miskin dan fakir miskin yang belum mendapatkan bantuan apapun dari pemerintah, termasuk bagi keluarga yang sangat ekstrim akibat Covid-19 dan kehilangan pekerjaan.

Dimana yang dimaksud dengan kategori keluarga berdasarkan jumlah pendapatan per bulan yang masih berada di bawah garis kemiskinan yaitu sebesar Rp 472.525 per bulan. Sedangkan kategori miskin berdasarkan pendapatan sebesar Rp. 378.030 per bulan atau Rp. 12.000/hari.

Dengan adanya kelanjutan program BLT Dana Desa yang akan berlanjut hingga tahun 2022 diharapkan dapat mempercepat proses pemulihan ekonomi nasional. Dan juga mampu mengurangi dampak keterpurukan akibat beban ekonomi yang sulit saat ini.

Tujuan Penyaluran BLT Dana Desa

Tujuan dari penyaluran BLT Dana Desa adalah untuk membantu masyarakat miskin dan sangat miskin yang ekonominya terjangkau akibat pandemi Covid-19 dan diharapkan masyarakat dapat bangkit dari keterpurukan ekonomi.

Karena dengan bantuan uang tunai yang diberikan, masyarakat dapat menggunakannya tidak hanya untuk membeli kebutuhan tetapi juga sebagai tambahan modal usaha.

Sasaran Penerima BLT Dana Desa

Secara umum, sasaran penerima BLT Dana Desa adalah seluruh masyarakat pedesaan yang menghadapi pandemi Covid-19 atau yang membutuhkan bantuan ekonomi. Diantaranya adalah orang-orang yang kehilangan pekerjaan karena pemutusan hubungan kerja.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa kategori yang ditargetkan untuk penerima BLT Dana Desa:

  1. Masyarakat yang berasal dari keluarga miskin atau pra sejahtera di lingkungan desa setempat.
  2. Keluarga yang tidak memiliki penghasilan atau kehilangan pekerjaan karena pandemi.
  3. Keluarga yang belum menerima dana bantuan lainnya seperti PKH, Kartu Prakerja, BST dan BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai).
  4. Tidak terdaftar sebagai penerima BLT Dana Desa.
  5. Memiliki anggota keluarga yang sakit kronis.
Lihat Juga :   Xiaomi Black Shark 3 Series Meluncur ke Eropa 8 Mei Nanti

Tata Cara Pendaftaran BLT Dana Desa

Berikut tata cara pendaftaran BLT Dana Desa sebagai berikut:

  1. Pendaftaran oleh Relawan
  2. Proses Verifikasi
  3. Persetujuan Kepala Desa
  4. Melapor ke Camat
  5. Camat Melapor ke Bupati
  6. Pemberitahuan Calon Penerima Bantuan

Manfaat BLT Dana Desa

Program bantuan tunai dari pemerintah untuk masyarakat pedesaan yang menyediakan untuk pandemi bisa sangat membantu. Apalagi dengan kondisi ekonomi yang semakin sulit karena banyak orang yang kehilangan pekerjaan.

Dimana manfaat BLT Dana Desa antara lain :

  1. Membantu Masyarakat Memenuhi Kebutuhan Dasar
  2. Membantu Mengurangi Tingkat Kemiskinan
  3. Meningkatkan Daya Beli Masyarakat
  4. Sebagai Modal Usaha

Cara Cek BLT Dana Desa Online Bantuan 900rb

Cara Cek BLT Dana Desa Online Bantuan 900rb

Saat ini, pemerintah masih gencar menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat yang mengalami pandemi. Hal ini dilakukan sebagai bentuk membantu pemulihan ekonomi yang terpuruk sejak pandemi melanda pada tahun 2020.

Selain mendapatkan BLT Dana Desa sebesar Rp300.000, keluarga penerima manfaat juga akan mendapatkan tambahan uang dari pemerintah melalui top up BLT Dana Desa dengan total bantuan Rp300.000 sebanyak 3 kali. Jadi, jika dijumlahkan, jumlah bantuannya adalah Rp. 900.000.

Bagi yang ingin mengetahui apakah sudah terdaftar sebagai penerima, bisa dengan mudah cek Bantuan Dana Desa Online BLT Rp900 ribu di bawah ini:

  1. Cara pertama cukup mengunjungi halaman sid.kemendesa.go.id.
  2. Jika berhasil maka lanjutkan dengan memilih data desa melalui nama desa yang diinginkan.
  3. Ketik nama desa pada kolom yang tersedia lalu klik enter.
  4. Setelah itu akan muncul nama desa, kemudian pada bagian menu pilih BLT Dana Desa.
  5. Jika berhasil, daftar penerima BLT Dana Desa akan muncul di halaman.

Cara Pencairan BLT Dana Desa

Bagi yang terdaftar sebagai penerima bantuan BLT Dana Desa akan mendapatkan surat undangan atau pemberitahuan dari kantor desa. Surat pemberitahuan tersebut berisi waktu dan tempat untuk mendapatkan bantuan tunai atau BLT Dana Desa.

Lihat Juga :   Lenovo Legion Gaming Phone Dibekali Teknologi Dual X-Axis Linear Motor

Untuk dokumen yang harus disiapkan dalam pengambilan uang bantuan yaitu surat, KTP Elektronik dan Kartu Keluarga (KK) asli beserta fotokopinya. Jadi sebelum datang ke kantor desa, pastikan untuk mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan lebih awal.

Cara Daftar BLT Dana Desa

Bagi yang belum pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah, bisa mendaftar BLT Dana Desa. Namun sebelum itu, kamu harus memastikan bahwa kamu memenuhi syarat yang diperlukan seperti berikut ini:

  1. Memiliki data NIK KTP sesuai domisili di desa setempat.
  2. Termasuk masyarakat miskin dan sangat miskin dengan pendapatan kurang dari Rp 500.000 per bulan.
  3. Tidak mendapatkan bantuan dari pemerintah lain seperti PKH, BPNT, BST atau Kartu Prakerja.
  4. Saya kehilangan pekerjaan karena pandemi Covid-19.
  5. Memiliki anggota keluarga yang sakit kronis.
  6. Jika semua persyaratan sudah terpenuhi, maka pendaftaran selanjutnya akan dilakukan oleh relawan desa yang dilengkapi dengan surat tugas dari kepala desa, RT dan RW.
  7. Selanjutnya, dokumen calon penerima BLT Dana Desa akan divalidasi dan diputuskan dalam musyawarah desa.

Jika calon penerima telah ditentukan dalam data sebagai penerima BLT Dana Desa, maka dokumen tersebut selanjutnya akan dimasukkan dalam berita acara dan disahkan dengan tanda tangan kepala desa dan BPD (Badan Permusyawaratan Desa).

Dokumen tersebut kemudian dikirimkan kepada bupati atau walikota untuk mendapatkan persetujuan, dan baru setelah itu kepala desa akan menyampaikan surat atau pemberitahuan kepada penerima BLT Dana Desa.

BLT Dana Desa atau Bantuan Langsung Tunai Dana Desa merupakan salah satu program yang ditujukan untuk membantu pemulihan ekonomi nasional, khususnya bagi masyarakat yang tinggal di pedesaan.

Artikel Lainnya :