Cara Memperbaiki Layar Berkedip di Ponsel Android

Posted on

kinemaster.co.id – Apakah layar ponsel Android kalian pernah berperilaku aneh seperti tiba – tiba berkedip? Jika iya, bisa jadi itu merupakan pertanda bahwa ponsel kalian sedang tidak baik – baik saja. Meski begitu, layar ponsel yang secara tiba – tiba berkedip bisa terjadi karena beberapa alasan. Sebelum kita tahu cara memperbaiki layar berkedip di ponsel Android, ada baiknya kita tahu terlebih dahulu penyebabnya.

Penyebab layar berkedip

Seperti yang telah kami utarakan di paragraf atas, penyebab masalah ini sangat beragam. Mulai dari bug sistem, masalah kompabilitas aplikasi, hingga yang terparah adalah akibat kerusakan hardware/komponen. Untuk masalah yang berkaitan dengan perangkat lunak, cara penanganan-nya lebih mudah karena hanya berkaitan dengan program dan tool yang masih bisa dipelajari. Berbeda jika sumber masalah berkaitan dengan hardware/komponen di dalamnya, dibutuhkan keahlian khusus untuk mengatasinya dan hanya bisa dikerjakan oleh orang yang berpengalaman.

Langkah perbaikan

Foto ilustrasi layar berkedip android | Foto credit ©TomsGuide

Sekarang kita akan memberikan beberapa tips yang dapat kalian coba lakukan untuk memperbaiki layar berkedip di ponsel Android. Tips di bawah ini akan kami urutkan dari cara paling mudah, hingga ke cara paling susah. Silahkan disimak,

1. Reboot Ponsel Anda

Cara termudah untuk memastikan ini bukan gangguan sementara adalah dengan menghidupkan ulang ponsel anda terlebih dahulu. Reboot akan mengakhiri semua layanan dan proses latar belakang pihak ketiga yang sedang aktif. Tindakan ini juga akan menyegarkan komponen ponsel anda jika terdapat salah satu komponen yang mengalami crash sebelumnya.

Lihat Juga :   Cara Gampang Atasi IMEI Hilang, Rewrite IMEI Ponsel Android

Setelah melakukan reboot dan layar ponsel kalian kembali nomral, segera tinjau daftar aplikasi terbaru yan baru saja kalian install sebelumnya.

2. Masuk ke Dalam Safe Mode

Jika cara di atas masih belum menyelesaikan masalah layar berkedip, kalian dapat mencoba untuk beralih ke mode aman selama beberapa jam. Mode aman pada dasarnya memungkinkan pengguna untuk menggunakan ponsel dengan pengaturan sistem asli bawaan ponsel tanpa perubahan pihak ketiga dan aplikasi tambahan yang sudah di install sebelumnya.

Tampilan safe mode ponsel Android | Foto credit ©AndroidGuy

Tidak seperti pengaturan ulang pabrik, mode aman bertugas menyimpan data ponsel dan pengguna dapat beralih ke mode normal kapanpun. Namun ingat, mode aman hanyalah utilitas diagnostik dan tidak akan menyelesaikan masalah. Jika ponsel terus beroperasi dengan baik dalam mode aman, kalian akan tahu dengan pasti bahwa penyebab layar ponsel berkedip bersumber dari kesalahan perangkat lunak. Selanjutnya kalian dapat menerapkan beberapa metode perbaikan lain seperti melakukan hard reset.

Untuk masuk ke dalam mode aman di perangkat Android, tekan dan tahan tombol power/daya. Saat diminta, sentuh dan tahan tombol Matikan. Selanjutnya ponsel akan segera restart dalam mode aman.
Untuk keluar dari mode aman ulangi prosedur, namun dengan memilih opsi Restart .

Ada kemungkinan prosesnya mungkin sedikit berbeda pada skin Android khusus. Oleh karena itu, jika langkah-langkah yang disebutkan di atas tidak berfungsi, coba hubungi produsen perangkat kalian atau kunjungi situs web dukungan mereka.

3. Melakukan Hard Reset

Melakukan Hard Reset adalah metode pemecahan masalah paling mendasar yang dapat kalian coba, dan sering kali menjadi solusi untuk berbagai masalah yang terjadi di perangkat Android. Namun perlu di ingat, cara ini bakal menghapus semua data ponsel, sekaligus mengembalikan ponsel  ke pengaturan awal. Jadi sebelum mencoba metode satu ini, usahakan untuk melakukan backup data jika dirasa penting.

Lihat Juga :   Tutorial Mudah Buka Kunci (Unlock) Bootloader Pada Xiaomi Mi 5

Cara ini ampuh untuk memperbaiki layar berkedip pada ponsel android akibat crash sistem yang disebabkan beberapa data/aplikasi gagal untuk dieksekusi. Dengan melakukan reset, semua data dan aplikasi yang mengalami masalah tersebut bakal dihapus paksa oleh sistem.

Kalian dapat mengatur ulang ponsel Android dengan cara, pergi ke menu Pengaturan > SistemOpsi setel ulang > Pilih  ‘Reset  ke setelan pabrik’ > Tekan hapus semua data.

4. Nonaktifkan Kecerahan Otomatis

Pengaturan kecerahan otomatis bertanggung jawab untuk terus-menerus mengubah penerangan layar berdasarkan data sensor cahaya. Tetapi pembaruan perangkat lunak atau kerusakan perangkat keras dapat menyebabkan persoalan tidak terduga termasuk layar berkedip. Oleh karena itu, tindakan langsung lainnya yang dapat kalian coba lakukan adalah dengan menonaktifkan opsi dari menu Pengaturan.

Caranya adalah dengan masuk ke menu Pengaturan > Tampilan > Kecerahan adaptif.

5. Periksa Pembaruan

Mungkin saja persoalan yang sedang kalian hadapi tersebut berasal dari bug yang dibawa oleh sistem. Dalam situasi ini, pilihan terbaik adalah dengan menunggu update perbaikan yang dikirim oleh pabrikan. Atau kalian juga dapat menjelajahi forum diskusi untuk mendapatkan solusi sementara.

Lihat Juga :   Tutorial Mengubah Jaringan Seluler di Oppo Neo 7

Kalian juga dapat mencoba untuk melakukan rollback versi firmware ke versi sebelumnya. Kunjungi halaman web dukungan perangkat yang kalian gunakan, download file firmware versi sebelumnya dan flash menggunakan alat pemulihan bawaan.

6. Nonaktifkan Hardware Overlays

Untuk menghadirkan tampilan grafik dinamis, sistem ponsel Android secara otomatis memutuskan task mana saja yang akan ditangani oleh CPU ataupun GPU. Masalahnya, perangkat Android yang sudah berumur atau bermasalah pada hardwarenya akan kesulitan dalam menangani perintah tersebut. Ketika hal tersebut terjadi, sistem sering kali akan mengalami lag atau freez dengan dibarengi kondisi layar berkedip.

Untuk memperbaikinya, kalian dapat mengatur sistem untuk menetapkan semua pengaturan grafik ke komponen GPU. Pengaturan dapat ditemukan di menu Opsi Pengembang,  dan jangan lupa untuk me-nonaktifkan fitu Hardware Overlays ini. Perhatikan bahwa pengaturan ini akan menghabiskan sedikit banyak daya baterai karena sama saja dengan memaksa GPU terus bekerja.

7. Bawa ke Tempat Servis

Pilihan terakhir yang bisa kalian lakukan jika cara diatas tidak berhasil adalah dengan menghubungi pusat perbaikan terdekat dan biarkan ditangani oleh seorang profesional. Bisa jadi sumber masalah tersebut berasal dari kerusakan komponen hardware perangkat. Jika iya, sudah pasti dibutuhkan seorang yang kompeten dan ahli untuk memperbaiki masalah ini.

Itulah beberapa tips dari kami tentang ‘Cara Memperbaiki Layar Berkedip di Ponsel Android’. Semoga bermanfaat dan dapat menyelesaikan persoalan yang saat ini tengah kalian hadapi.

Gravatar Image
Menulis untuk mengisi waktu luang.