Cara Mengatasi Video Pecah di Instagram Saat di Upload

Posted on

Cara Mengatasi Video Pecah di Instagram – Kesal karena video yang direkam di ponsel Anda rusak dan buram saat diunggah ke Instagram Story? Padahal, sebelum diunggah videonya keren. Tenang, karena kali ini Jaka ingin membahas cara mengatasi video Instagram yang rusak.

Pembobolan video Instagram adalah hal teknis yang sering mengganggu pengguna. Bahkan selebriti asal Amerika Serikat Kim Kardashian sempat mengunggah Tweet: “Mengapa video yang begitu jelas di ponsel saya menjadi buram setelah saya mengunggahnya ke media sosial?”

Mengapa Video IG Story Pecah Saat diunggah?

Cara Mengatasi Video Pecah di Instagram Saat di Upload

Tahukah Anda bahwa Instagram merupakan media sosial yang saat ini memiliki miliaran pengguna. Pernahkah Anda membayangkan berapa banyak uang yang harus Anda keluarkan untuk membangun dan mengelola pusat data dengan penyimpanan data yang dapat menyimpan unggahan pengguna IG di seluruh dunia?

Nah untuk menghemat bandwidth dan ruang penyimpanan, Instagram juga menerapkan kompresi video pada saat upload.

Jadi, setiap video yang Anda unggah akan dikompresi. Namun ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar hasil blurnya tidak terlalu buruk.

Cara Mengatasi Video Rusak di Instagram

Mengatasi Video Pecah di Instagram Saat di Upload

1. Mengirim Video Melalui Google Drive

Cara mengatasi video rusak di Instagram selanjutnya adalah dengan mengirim video melalui Google Drive atau Apple Airdrop. Jadi bila seseorang mau memposting video dengan perangkat lain, kami sarankan untuk mengirim video melalui Google Drive atau Apple Airdrop.

Lihat Juga :   Nikmati Emoticon iPhone di Perangkat Android Dengan Emoji Switcher

Jangan pernah mengirim video yang akan diposting di Instagram melalui Whatsapp. Ini karena video yang dikirim melalui Whatsapp akan dikompresi secara otomatis. Jadi kualitas videonya akan lebih rendah.

Untuk video yang dikirim melalui Google Drive atau Apple Airdrop, resolusi video akan tetap terjaga dan dijamin tidak pecah saat diposting di Instagram.

2. Ketahui Kriteria Videonya

Sebelum memposting video di Instagram, alangkah baiknya untuk mengetahui kriteria video yang bisa diunggah di Instagram. Ini karena untuk memaksimalkan kualitas video yang diposting.

Perlu diketahui bahwa format video yang bagus dan cocok untuk Instagram adalah MP4. Jadi seseorang dapat mengedit atau mengubah format video terlebih dahulu sebelum memposting di Instagram.

Setelah format video diubah menjadi MP4, barulah upload video tersebut di Instagram. Video akan terlihat jernih dan tidak retak saat diputar.

Jadi sekarang Anda tidak perlu khawatir dengan video yang terlihat retak saat dibagikan di Instagram.

3. Mengatur Kamera di Smartphone

Untuk menghasilkan gambar atau video yang bagus dan tidak retak, alangkah baiknya untuk mengatur pengaturan kamera pada smartphone terlebih dahulu.

Lihat Juga :   Cara Mudah Cek Fungsi Hardware Handphone Zenfone Series

Pengaturan kamera dimaksudkan agar gambar dan video yang dihasilkan bisa lebih jernih. Cara mengatasi video pecah di Instagram yang satu ini perlu dicoba karena dengan smartphone saja sudah bisa menghasilkan video yang menarik dan jernih.

Dengan begitu, pengguna Instagram dapat membagikan video yang direkam dengan smartphone tanpa takut video tersebut rusak atau buram.

4. Merekam Video Menggunakan Kamera Berkualitas

Sebelum membuat video, pastikan kamera yang digunakan untuk merekam memiliki kualitas yang baik. Sebab, kamera yang berkualitas akan menghasilkan gambar dan video yang berkualitas pula.

Merekam video menggunakan kamera berkualitas tinggi akan menghasilkan video yang jernih dan bebas pecah. Cara mengatasi video pecah di Instagram yang satu ini sangat mudah dilakukan. Jadi seseorang tidak perlu mengedit lagi video yang sudah direkam.

Pasalnya, video yang diambil dengan menggunakan kamera berkualitas tinggi akan menciptakan video yang bagus, jernih serta tidak retak.

5. Memeriksa Koneksi Internet

Bagi yang ingin membagikan video di Instagram, alangkah baiknya untuk mengecek koneksi internet terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan koneksi internet yang tidak stabil dapat menurunkan kualitas video yang akan diposting.

Lihat Juga :   Download Aplikasi Video Bokeh China

Jadi sebelum membagikan video ke Instagram, pastikan koneksi internet di smartphone kamu dalam kondisi stabil. Jika koneksi internet di smartphone kurang stabil, lebih baik menghubungkannya ke koneksi wifi.

Dengan begitu, video bisa diposting di Instagram tanpa mengurangi kualitasnya. Sehingga video tidak pecah saat diputar di Instagram.

Lihat Juga informasi Lainnya :

Itulah tadi beberapa penjelasan tentang cara mengatasi video pecah di Instagram yang patut dicoba oleh pengguna Instagram. Dengan mencoba cara-cara di atas, pasti video yang diposting di Instagram akan terlihat jelas dan menarik.