Tips Monetisasi Akun TikTok untuk Mencari Uang di Internet

Posted on

Tips Monetisasi Akun TikTok – Pengguna TikTok dari tahun ke tahun terus mengalami pertumbuhan yang signifikan. Media sosial (medsos) yang dibuat oleh ByteDance disukai oleh anak-anak, orang dewasa bahkan orang tua. Tak hanya itu, para pejabat bahkan kerap ikut demam tiktok.

Namun ternyata, tiktok bukan sekadar hiburan untuk mendatangkan gelak tawa. Pembuat konten aktif dapat memonetisasi saluran atau konten video pendek mereka.

Sebagai informasi, monetisasi adalah kegiatan yang bertujuan membuat channel atau konten menjadi kreator untuk mendapatkan penghasilan.

Head of Communications TikTok Indonesia Chatrine Siswoyo mengatakan, TikTok tidak seperti platform lain yang menyediakan layanan seperti AdSense dan sejenisnya.

Namun, tentu saja, kreator dapat memperoleh kesepakatan tertentu dengan suatu produk atau merek, dan TikTok juga dapat menghubungkan kedua pihak.

“TikTok tidak memiliki iklan yang dilampirkan ke video kreator. Iklan berdiri sendiri. Kreator bekerja langsung dengan merek,” kata Chatrine.

“Misalnya ada brand yang ingin berkolaborasi dengan kreator TikTok, kami akan bantu menghubungkannya agar masing-masing bisa kontak langsung,” sambungnya.

Monetisasi Akun TikTok untuk Pemula

Tips Monetisasi Akun TikTok

Ada baiknya untuk segera mengetahui cara memonetisasi TikTok. Cara ini bisa dilakukan dengan mudah sehingga siapa saja bisa melakukannya dengan cara ini. Di bawah ini adalah beberapa cara yang dapat diterapkan lebih lanjut:

1. Promosikan Bisnis Pribadi

Bagi Anda yang sudah memiliki bisnis, tidak ada salahnya mencoba mempromosikan bisnis pribadi Anda di akun TikTok Anda. Perlu diingat bahwa ini sendiri adalah salah satu metode yang paling umum untuk menghasilkan uang.

Lihat Juga :   Cara Cek IMEI di Kominfo, dan Semua Hal Yang Harus Kalian Ketahui

Pastikan untuk mencoba metode ini karena TikTok sendiri adalah platform promosi gratis yang dapat digunakan siapa saja. Oleh karena itu, jangan ragu untuk membuat video pendek tentang manfaat, testimoni, dan proses pengembangan bisnis.

2. Menjadi Influencer

Cara terbaik untuk menghasilkan uang melalui aplikasi TikTok adalah dengan memanfaatkan media sosial. Salah satunya adalah menjadi seorang influencer. Influencer adalah seseorang yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian orang lain.

Entah itu karena popularitas, relasi, hingga kredibilitas dengan audiens yang bersangkutan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mencoba menjadi seorang influencer TikTok. Nantinya, Anda akan mendapatkan uang dari orang-orang yang mau menggunakan jasa influencer tersebut.

3. Promosi Konten

Cara ini merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk menghasilkan uang melalui aplikasi TikTok. Anda dapat membuat konten khusus dan kemudian mempostingnya di beranda Tiktok. Gunakan cara ini sebagai cara untuk mempromosikan produk orang lain.

Nantinya, Anda akan mendapatkan uang dari mempromosikan konten tersebut. Artinya semakin banyak konten yang dipromosikan tentunya semakin banyak uang yang bisa Anda peroleh. Oleh karena itu, sangat disayangkan jika metode ini tidak dicoba untuk diterapkan.

4. Streaming

Pernahkah Anda mencoba fitur live streaming menggunakan aplikasi TikTok. Harap dicatat bahwa nilai tukar untuk streaming langsung umumnya sangat bervariasi tergantung pada berapa lama siaran langsungnya. Namun, sebagian besar pengguna Tiktok membeli koin menggunakan uang sungguhan.

Lihat Juga :   Aplikasi Pulsa Bisa Jadi Uang Paling Cepat Pasti Aman

Selanjutnya mereka akan menggunakannya pada pembuat konten teratas. Sistem ini sendiri bekerja seperti donasi atau tip di dunia nyata. Dengan begitu, cara ini juga cukup efektif untuk mendapatkan uang tambahan.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi TikTok

Tips Monetisasi Akun TikTok untuk Mencari Uang di Internet

Seperti yang sudah Anda ketahui, TikTok adalah aplikasi yang bisa digunakan secara gratis. Tentu saja, selain dapat digunakan secara gratis, ada banyak keuntungan lain menggunakan aplikasi. Berikut adalah beberapa keuntungan yang diketahui:

1. Populer

Harap dicatat bahwa TikTok adalah salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan. Tak heran jika aplikasi ini tidak membutuhkan banyak waktu untuk disukai banyak pengguna. Aplikasi ini bahkan cukup populer di kalangan anak muda.

TikTok merupakan aplikasi yang paling banyak diunduh selain dua aplikasi seperti Instagram dan Facebook. Tak perlu heran jika aplikasi tersebut bisa dijadikan ladang bisnis bagi siapa saja yang menggunakannya.

2. Pasar baru

Siapa sangka keberadaan TikTok kini bisa menjadi pasar baru bagi semua orang. Apalagi hingga saat ini TikTok telah digunakan oleh lebih dari 155 negara dan lebih dari 75 bahasa yang digunakan, termasuk Indonesia yang telah menggunakan aplikasi tersebut.

Namun, bisa dikatakan sebagian besar pengguna aplikasi tersebut berada di Amerika Serikat, India, hingga China. Hal inilah yang menyebabkan aplikasi ini dijadikan sebagai peluang bisnis karena tersedianya pasar baru.

Lihat Juga :   Yandex Com Thailand China dan Korea Bokeh Museum 2022 Terbaru

3. Kreatif

Semua orang sudah tahu bahwa TikTok adalah aplikasi yang menawarkan aktivitas menyenangkan melalui video dengan durasi pendek yang unik. Semua orang bahkan dapat membuat video dan berbicara dalam video.

Ada juga fitur hashtag dan musik yang akan membuat lingkungan pengguna lebih kondusif untuk mengunggah video. Tak heran jika hingga saat ini TikTok merupakan aplikasi yang cukup kreatif untuk digunakan.

4. Iklan Otomatis

Melalui aplikasi TikTok, sebuah iklan bahkan dapat diputar secara otomatis. Dengan begitu, setiap pengguna dapat membuka iklan saat pertama kali membuka aplikasi. Apalagi sudah banyak orang yang menggunakan aplikasi tersebut sebagai hiburan.

Setiap orang bahkan bisa menghabiskan waktu lebih dari 50 menit hanya untuk melihat berbagai video kreatif yang dikirimkan. Dengan begitu tentunya setiap pengguna TikTok akan mendapatkan iklan yang bisa diputar secara otomatis.

Lihat Juga informasi Lainnya :

Itulah beberapa hal yang dapat Anda ketahui tentang Monetisasi Akun TikTok untuk pemula. Cara ini cukup mudah sehingga sayang sekali jika tidak mencobanya. Siapa pun dapat mencoba menghasilkan uang melalui aplikasi TikTok dengan mudah.