Pixel 4a Dilaporkan Mengalami Bug Terkait Sensitivitas Layar Setelah Update ke Android 11

Posted on

kinemaster.co.id – Jajaran perangkat Google Pixel dikenal karena kontroversi masalah seperti bug pada perangkat lunak, dan beberapa masalah perangkat keras. Hal tersebut bisa dilihat dari beberapa model seperti Pixel 3, 4, dan 4XL yang sebelumnya mengalami beberapa masalah yang disebabkan oleh hardware. Bahkan model Pixel 2XL terdahulu juga tidak luput dari permasalahan, seperti reboot secara acak dan sistem yang mengalami freeze. Dan sekarang, model terbaru dari Pixel series (Pixel 4a) juga dilaporkan mengalami masalah pada sensitivitas layar.

Segera setelah rilis Android 11 , beberapa pengguna Pixel 4a mengeluh ke sejumlah forum seperti XDA, Google, dan Reddit  tentang masalah sensitivitas sentuhan layar ponselnya. Menariknya, masalah tersebut umumnya terjadi pada perangkat yang telah dipasangi pelindung layar.

Apa masalahnya?

Tidak jelas apakah masalah tersebut muncul di semua perangkat Pixel 4a, atau hanya sebagian kecil pengguna saja. Yang jelas, masalah ini membuat layar menjadi kurang responsif, dan sesekali muncul ghost touch. Bagi kalian yang baru pertama kali mendengar ‘Ghost Touch’, istilah ini digunakan ketika layar secara tiba – tiba melakukan fungsi/gerakan sendiri tanpa disentuh. Mantan pengguna ponsel ASUS Zenfone 2 Gen1 sudah pasti paham.

Lihat Juga :   Xiaomi Luncurkan Warna Baru Onyx Black Untuk Redmi Note 9

Selain mengakibatkan ghost touch, bug tersebut juga mengakibatkan gerakan navigasi menjadi kurang responsif, serta kacaunya gesture mode pada aplikasi keyboard. Parahnya lagi, penanganan pertama seperti melakukan reset perangkat, membersihkan cache, hingga melakukan reset pabrik sama sekali tidak membantu. Beberapa pengguna mengatakan dengan melepas pelindung layar ponsel masalah ini dapat teratasi, dan beberapa lainnya menyarankan untuk melakukan settingan pada menu aksesibilitas.

Masalah perangkat keras atau perangkat lunak?

Dari beberapa laporan pengguna di beberapa forum yang kami pantau, masalah ini umumnya muncul setelah melakukan upgrade sistem ke Android 11. Info ini semakin diperkuat dengan beberapa pengguna yang mencoba melakukan downgrade ke Android 10, dan masalah ini tidak ditemukan lagi. Tetapi, beberapa pengguna di Google Issue Tracker menyebut jika masalah ini timbul lantaran hilangnya fungsi pengatur tingkat sensitivitas layar sentuh yang sebelumnya dimiliki oleh Pixel 4 pada generasi ini. Padahal fungsi tersebut sangat berguna untuk mengatur tingkat responsivitas sentuh pada layar.

Google mungkin telah melakukan sedikit kesalahan dengan menghilangkan fitur tersebut. Meski begitu, dapat dipastikan bahwa Google saat ini tengah bekerja keras untuk memperbaiki permasalahan tersebut.

Gravatar Image
Menulis untuk mengisi waktu luang.