Rekomendasi HP Android Terbaik di Bawah 1 Juta

Posted on

Kebutuhan akan sebuah smartphone saat ini menjadi sesuatu yang lumrah, hampir setiap orang saat ini mempunyai perangkat pintar satu ini. Selain membawa banyak sekali manfaat dan fungsi, beberapa orang bahkan menggantungkan hidupnya lewat sebuah smartphone.

Pada artikel kali ini, droidmagz akan memberikan rekomendasi sebuah smartphone dengan harga di bawah satu juta. Memangnya ada? Tidak banyak pilihannya, tapi ada. Silahkan disimak ulasan dibawah ini.

Untuk siapa rekomendasi ini

Rekomendasi ini kami buat untuk kalian yang baru saja ingin mencoba menggunakan smartphone Android, atau sekedar mencari smartphone dengan tujuan fungsionalitas semata.


Tidak banyak pilihan tersedia di range harga ini, tapi bukan berarti tidak ada. Walaupun kebanyakan di dominasi oleh merek lokal, masih ada beberapa vendor besar dan terkenal bermain di range harga ini. Apa saja, berikut daftarnya :

Asus Zenfone Live L2 – Rp 950.000

Asus Zenfone Live L2

Pertama kita menemukan salah satu produk dari sebuah brand yang cukup terkenal, Asus. Ternyata Asus masih mempunyai produk smartphone Android dengan banderol murah, yakni Asus Zenfone Live L2. Meskipun produk ini rilis cukup lama, masih banyak toko yang menjual unit tersebut dalam kondisi baru dan bergaransi resmi.

Baca juga : Asus Memberikan Update Android 10 Untuk Zenfone 5

Zenfone Live L2 hadir dengan desain sederhana, berbekal layar IPS ukuran 5.5” Inci serta resolusi 720 x 1440 piksel membuat ponsel satu ini nyaman digunakan sehari – hari. Spesifikasi yang ditawarkan juga cukup oke untuk kelasnya, Prosesor Qualcomm Snapdragon 425, RAM 2GB/16GB internal memori, Kamera utama 8MP lengkap dengan flash, kamera depan 5 MP dan baterai dengan kapasitas 3000 mAh.

Lihat Juga :   Rekomendasi Ponsel Android Terbaik di Harga 2 Jutaan

Perangkat ini masuk ke dalam project Android GO, sistem operasi yang dibawa merupakan Android Go edition dengan basic Android 8.0 yang dikustomisasi menggunakan ZenUI 5.

Evercross M55 – Rp 850.000

 Evercross M55

Datang dari merek lokal ada Evercross dengan produk andalannya, Evercross M55. Mengapa ini masuk daftar rekomendasi kami? Mudah saja, di harga 800rban smartphone mana yang mampu menawarkan kapasitas memori penyimpanan hingga 32GB serta RAM dengan kapasitas 3GB?

Evercross M55 hadir dengan desain minimalis, dibekali layar IPS berukuran 5.5” inci dengan resolusi 480 x 960 piksel membuat smartphone satu ini cukup nyaman untuk digunakan.  Untuk spesifikasi hardware yang dibawanya terbilang cukup mumpuni, Prosesor Spreadtrum Unisoc SC9863A, RAM 3GB/32GB internal memori, kamera utama 5MP lengkap dengan flash, kamera depan 5MP serta baterai berkapasitas 2100 mAh.

Perangkat satu ini berjalan dengan basic Android versi 9.0 (pie), dan sudah mendukung teknologi jaringan 4G LTE.

Redmi Go – Rp 850.000

Redmi Go

Tidak ketinggalan Xiaomi ikut meramaikan daftar ini, ternyata Xiaomi masih mempunyai perangkat android murah yang dijual dibawah satu juta lo. Redmi Go merupakan smartphone besutan Xiaomi yang masuk ke dalam project Android Go, ponsel ini tidak menggunakan UI MIUI melainkan UI Android Go rancangan Google.

Lihat Juga :   7 Ponsel Realme Paling Layak Beli di Bulan Agustus 2020

Tidak jauh berbeda dengan dua smartphone di atas, Redmi Go juga hadir dengan desain yang sederhana.  Dibekali layar berjenis IPS 5.0” inci dengan resolusi 720 x 1280 piksel, Redmi Go membawa spesifikasi sebagai berikut : Prosesor Qualcomm Snapdragon 425, RAM 1GB/8GB internal memori, kamera utama dengan resolusi 8MP, kamera depan beresolusi 5MP dan baterai dengan kapasitas 3000 mAh.

Seperti yang kami utarakan di atas, perangkat ini menggunakan basic OS Android Go Edition dengan versi 8.1 (oreo). Redmi Go juga sudah mendukung teknologi 4G untuk jaringan datanya.

Penilaian Akhir

Zenfone Live L2

Berdasarkan tiga rekomendasi di atas, kami memilih Zenfone Live L2 sebagai smartphone terbaik untuk range harga di bawah 1 juta. Beberapa kelebihan yang dibawanya tidak dapat diimbangi oleh kompetitornya, sebut saja resolusi layar lebih besar, prosesor lebih kencang,  ditambah jaminan garansi serta brand image dari ASUS sendiri mampu membuat kami mantap memilih Zenfone 2 Live.

Evercross M55 : meskipun membawa setup memori lebih besar, resolusi layar yang dibawanya sedikit berada dibawah ke dua kompetitornya. Ditambah prosesor Spreadtrum yang dibawanya masih kurang mampu untuk bersaing dengan Snapdragon 425 yang digunakan kedua pesaingnya.

Lihat Juga :   13 Film Indonesia Rekomendasi Terbaru dan Terbaik di Netflix

Baca juga : Wujud Oppo A92s Kembali Beredar di Internet, Lengkap Dengan Harga

Redmi Go : secara build quality kami lebih suka produk Xiaomi satu ini ketimbang dua pesaingnya, hanya saja setup memori yang dibawanya menjadi salah satu pertimbangan terbesar kami untuk menjadikannya pemenang. Ukuran RAM 1 GB dengan internal 8GB jelas sangat kurang untuk menghandel berbagai aplikasi android saat ini, untungnya OS android Go memberi beberapa aplikasi yang sudah dimodifikasi agar lebih ringan untuk digunakan.


Tidak banyak perangkat yang dapat kita rekomendasikan pada range harga ini, mengingat kebanyakan didominasi oleh perangkat keluaran lama. Namun jika kalian tidak masalah dengan umur sebuah perangkat, kami mempunyai beberapa rekomendasi seperti : Xiaomi Redmi 6A atau Samsung Galaxy J2 Prime.

Pertimbangan kami memilih kedua seri tersebut ada pada brand image yang sudah sangat besar, jaminan garansi dan peforma keduanya yang bisa dibilang memenuhi kebutuhan secara fungsionalitas. Terlebih lagi kedua seri tersebut masih cukup mudah kita temui di berbagai toko online maupun offline, harga yang ditawarkan juga sudah sangat terjangkau.

Gravatar Image
Menulis untuk mengisi waktu luang.