Rekomendasi HP Android Terbaik di Bawah 2 Juta

Posted on

Kembali lagi di rubrik rekomendasi, kali ini kami akan memberikan rekomendasi HP android terbaik dengan harga di bawah 2 juta. Pada range ini cukup sulit untuk menentukan pilihan, hal tersebut lantaran banyaknya produsen smartphone yang bermain di rentang harga ini.

Untuk siapa rekomendasi ini

Rekomendasi ini lebih ditujukan untuk kalian yang mungkin sedang mencari ponsel Android paket komplit. Yang dimaksud paket komplit di sini adalah, ponsel yang dibekali banyak fitur up to date terkini. Ponsel di range ini biasanya menawarkan banyak sekali fitur terbaru, namun tetap terbatas pada kemampuan hardware yang dibawa. Harga tetap tidak bisa berbohong.

Realme 5i

Realme 5i

Hadir dengan body plastik ponsel ini mampu menawarkan kesan solid pada tampilannya, spesifikasi yang dibawanya pun terbilang cukup lumayan untuk ponsel sekelasnya.

Ponsel ini hadir dengan layar bergaya water drop, dengan ukuran 6,52 inci berjenis IPS LCD Full HD. Layar tersebut diklaim sudah dilindungi oleh lapisan pelindung Gorilla Galss, meskipun tidak disebutkan berapa versinya.

Realme 5i dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 665 yang dikombinasikan dengan GPU Adreno 610. Ponsel ini hadir dengan dua varian memori 3GB/32GB dan 4GB/64GB, ditambah slot ekspansi memori tambahan berjenis MicroSD.

Untuk mendukung kegiatan fotografi, Realme 5i dibekali empat buah kamera dengan resolusi 12MP untuk lensa utama, 8MP lensa ultrawide, 2MP lensa macro dan 2MP depth sensor. Beralih ke bagian depan, terdapat satu buah kamera dengan resolusi 8MP.

Untuk menunjang daya, ponsel ini dibekali baterai dengan kapasitas 5.000 mAh dengan dukungan pengisian cepat 10W. Untuk dukungan konektivitas, perangkat ini dibekali dengan Wi-FI, Bluetooth 5.0, Micro USB 2.0 dan sudah mendukung USB On-The-Go.

Untuk sistem operasinya sendiri, Realme 5i hadir dengan Android 9.0 (pie) dan akan mendapatkan update untuk Android 10.

Lihat Juga :   7 Ponsel Android Murah Dengan Fitur NFC Yang Masih Layak Untuk Tahun 2018

Realme C3

Realme C3

Selanjutnya masih datang dari keluarga Realme series, Realme C3 menjadi ponsel paling murah yang dirilis oleh Realme. Hadir dengan desain yang tidak jauh dari pendahulunya, material body yang digunakan masih berupa plastik dengan finishing unik di bagian cover belakangnya.

Realme C3 hadir dengan layar berjenis LCD IPS berukuran 6,5 inci Full HD 720 x 1560 piksel. Layar tersebut juga sudah dilindungi Corning Gorilla Glass 3 sebagai fitur keamanan tambahan.

Untuk urusan jeroan, Realme membekali ponsel murahnya ini dengan chipset MediaTek Helio G70 yang didukung pengolah grafis Mali-G52. Untuk konfigurasi memori, ponsel ini menawarkan tiga varian sekaligus 2GB/32GB, 3GB/32GB dan 4GB/64GB. Tidak lupa, Realme turut menyertakan slot ekspansi memori tambahan berjenis MicroSD pada ponsel produksinya ini.

Beralih ke sektor kamera, Realme C3 dibekali dua buah kamera dengan resolusi 12MP untuk lensa utama dan 2MP lensa kedalaman. Tidak ada yang mengejutkan dari konfigurasi ini, mengingat posisi ponsel ini memang diperuntukkan untuk kelas low-end dari jajaran produk Realme.

Untuk mengambil foto selfie, Realme C3 dibekali satu buah lensa berukuran 5MP. Kamera depan ini diletakkan di atas layar dengan gaya water drop, khas ponsel Realme.

Realme C3 hadir dengan Android 10 yang dikustomisasi menggunakan Realme UI 1.0. Untuk menjaga perangkat tetap hidup, Realme membekali ponsel produksinya ini dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh dan sudah mendukung pengisian cepat 10W.

Redmi 8

Redmi 8

Selanjutnya terdapat salah satu jagoan Xiaomi untuk ponsel kelas low-end, ada Redmi 8. Ponsel ini hadir dengan beberapa warna ngejreng, dengan harga yang lumayan menarik.

Redmi 8 hadir dengan material body plastik, ponsel ini membawa layar berjenis IPS LCD dengan ukuran 6,2 inci Full HD. Sebagai pengaman tambahan, layar tersebut sudah diberi lapisan pelindung Corning Gorilla Glass 5.

Lihat Juga :   13 Film Indonesia Rekomendasi Terbaru dan Terbaik di Netflix

Ponsel ini ditenagai oleh chipset buatan Qualcomm Snapdragon 439, dan dikombinasikan dengan pengolah grafik Adreno 505. Untuk konfigurasi memori, ponsel ini hadir dalam dua varian kapasitas yakni 3GB/32GB dan 4GB/64GB. Tidak lupa, terdapat slot memori tambahan berjenis MicroSD.

Ponsel ini dibekali dua buah kamera di bagian belakang dengan resolusi 12MP dan 2MP, serta satu buah kamera selfie berukuran 8MP. Tidak ada yang spesial dari kamera yang dibawa, namun fitur yang disajikan cukup lengkap jika dibandingkan dengan kompetitornya.

Redmi 8 dibekali baterai dengan kapasitas 5.000 mAh, dan sudah mendukung pengisian daya cepat hingga 18W berkat port USB Type-C yang dibawanya. Untuk fitur konektivitas, ponsel ini terbilang lengkap dan sudah support USB On-The-Go.

Redmi 8A Pro

Redmi 8A Pro

Sama dengan kompetitornya di range harga sama, ponsel ini hadir dengan frame body berbahan plastik. Meskipun begitu, finishing yang dilakukan Redmi mampu membuat ponsel satu ini tampil sedikit elegan.

Redmi 8A Pro hadir dengan layar berukuran 6,22 inci berjenis LCD IPS, dan membawa resolusi Full HD 720 X 1520. Layar tersebut juga sudah diberi lapisan Gorila Glass 5 sebagai tambahan keamanan.

Spesifikasi yang dibawa ponsel ini mirip dengan Redmi 8, sebut saja penggunaan chipset Snapdragon 439, GPU Adreno 505, baterai berkapasitas 5.000 mAh dan USB Type-C. Redmi 8A Pro menawarkan dua pilihan konfigurasi memori, yakni 2GB/32GB dan 3GB/32GB dan satu buah slot memori eksternal berjenis MicroSD.

Untuk kegiatan fotografi, ponsel ini dibekali dua buah kamera di bagian belakang dengan resolusi 13MP dan 2MP. Sementara dibagian depan, Redmi membenamkan satu buah lensa berukuran 8MP yang bisa digunakan untuk mengambil foto selfie.

Untuk ulsan lebih lanjut mengenai ponsel ini, kalian dapat membacanya lewat artikel kami yang berjudul : Review Singkat Xiaomi Redmi 8A Pro

Lihat Juga :   Aplikasi Edit Video Selain Kinemaster Mudah di Gunakan

Samsung Galaxy A10s

Samsung Galaxy A10s

Akan jadi sedikit aneh jika artikel ini tidak memasukkan satu produk Samsung, dan yang menjadi pilihan kami adalah Samsung Galaxy A10s.

Perangkat ini hadir dengan material body berbahan dasar plastik. Di bagian layar, ponsel ini hadir dengan layar berjenis PLS TFT dengan ukuran 6,2 inci Full HD. Tidak ada informasi mengenai lapisan pelindung layar yang diberikan Samsung.

Galaxy A10s hadir dengan chipset MediaTek Helio P22, chipset tersebut dikombinasikan dengan pengolah grafis PowerVR GF8320. Untuk konfigurasi memori yang ditawarkan, ponsel ini hadir dengan dua varian 2GB/32GB atau 3GB/32GB dan satu slot memori eksternal berjenis MicroSD.

Ponsel ini hadir dengan dua buah kamera berukuran 13MP dan 2MP, serta satu buah kamera selfie dengan resolusi 8MP. Kamera tersebut dibekali kemampuan merekam video hingga resolusi 1080p 30fps.

Samsung membekali ponsel murahnya ini dengan baterai berkapasitas 4.000 mAh. Sayangnya tidak disebutkan apakah perangkat ini membawa kemampuan pengisian cepat atau tidak.

Penilaian Akhir

Rekomendasi HP Android Terbaik di Bawah 2 Juta

Berdasarkan lima rekomendasi di atas, kami memilih Realme 5i sebagai HP android terbaik dengan harga di bawah 2 juta. Selain menawarkan build quality oke, spesifikasi yang dibawa juga terbilang lumayan jika dibandingkan kompetitor di kelas yang sama.

Ya meskipun untuk harga di bawah 2 Jutaan, kalian hanya akan mendapat Realme 5i untuk varian RAM 3GB/ 32GB. Masih lebih worth-it dari pada empat kompetitor di atas.

Jika kalian mau sedikit “ribet”, kalian masih bisa mencari beberapa opsi lain seperti Samsung A20 atau Redmi Note 8 varian RAM 3GB. Di beberapa toko online, sudah ada beberapa penjual yang menawarkan kedua perangkat tersebut dengan harga di bawah 2 Jutaan.

Gravatar Image
Menulis untuk mengisi waktu luang.