Review 10 Kelebihan dan Kekurangan vivo X70 Pro Plus Spek

Posted on

Review 10 Kelebihan dan Kekurangan vivo X70 – Seri X dari vivo selalu menghadirkan smartphone atraktif yang fokus pada kekuatan kamera. Hal itu mereka lakukan saat menghadirkan seri vivo X50 di tahun 2020 yang terdiri dari vivo X50, X50 Pro, dan X50 Pro Plus.

Di Indonesia, Vivo X50 dan Vivo X50 Pro telah resmi masuk. Di tahun 2021 juga akan ada penerusnya, yakni Vivo X60, Vivo X60 Pro, dan X60 Pro Plus. Yang masuk ke Indonesia secara resmi, lagi-lagi hanya dua. Seri Pro Plus tidak resmi masuk ke Indonesia.

Masih di tahun yang sama, Vivo menghadirkan Vivo X70, X70 Pro, dan X70 Pro Plus. Seri ini hadir sekitar 6 bulan setelah seri Vivo X60 dirilis. Namun vivo Indonesia hanya menyediakan satu seri secara resmi ke Indonesia yaitu vivo X70 Pro.

vivo X70 Pro mengusung energi yang sama dengan vivo X60 Pro. Namun tentunya ada beberapa perbedaan spesifikasi dan desain yang membuat Vivo X70 Pro unik. Di Indonesia, harga vivo X70 Pro lebih mahal dari vivo X60 Pro.

Lantas, apa yang menarik dari vivo X70 Pro? Simak saja detailnya pada pembahasan kelebihan dan kekurangan Vivo X70 Pro berikut ini.

Spek vivo X70 Pro

Review 10 Kelebihan dan Kekurangan vivo X70 Pro Plus Spek
LayarAMOLED 6.56 inci
ChipsetMediatek Dimensity 1200
RAM12 GB
Memori Internal256 GB
Kamera50 MP (wide) 8 MP (periscope telephoto) 12 MP (ultrawide) 12 MP (telephoto)
BateraiLi-Po 4450 mAh
Harga Saat RilisRp 10.999.000

Keunggulan vivo X70 Pro

Poin plusnya Review 10 Kelebihan dan Kekurangan vivo X70 adalah sektor yang tentunya paling menonjol dari vivo X70 Pro. Oleh karena itu, simak saja beberapa keunggulan Vivo X70 Pro yang bisa menarik perhatian Anda sebagai konsumen.

1. Design Menarik dan Ringan

Design menarik dan ringan

Bahasa desain yang diadopsi Vivo X70 Pro cenderung Vivo X60 Pro dan Vivo X50 Pro. Hanya saja Vivo X70 Pro menawarkan desain yang sekiranya ponsel ini merupakan ponsel kelas atas.

Review 10 Kelebihan dan Kekurangan vivo X70 Hal ini ditunjukkan dengan desainnya yang atraktif, apalagi lebih ringan, dan tentunya nyaman di tengah. Desain yang memiliki bobot layar 6,5 inci ini cenderung kompak dan mudah digenggam hanya 183 gram.

Hal yang ingin dicapai, di era sekarang ini, ukuran layar ponsel 6,5 inci merupakan ukuran layar standar yang terkesan lebih umum. Tentu saja era ponsel di bawah 5,5 inci sudah ketinggalan zaman. Faktanya, sangat sedikit ponsel dengan layar di bawah 6 inci.

Soal desainnya bisa dibilang menarik. GSMArena menyebut ponsel ini memiliki tampilan desain premium dan ringan. Sayangnya di bagian layar tidak ada informasi pelindung, bahkan pelindung Gorilla Glass 6 seperti yang disematkan di layar ponsel Vivo X60 Pro.

Soal kaca, Vivo X70 Pro sebenarnya memiliki material desain seperti kaca. Bahannya bernama AG Glass yang memiliki permukaan halus. Selain itu, berkat permukaan kaca ini, tidak akan ada sidik jari yang menempel, yang membuat desain bodi belakang memiliki “sidik jari” yang ringan.

Review 10 Kelebihan dan Kekurangan vivo X70 Hal lain yang menarik dari desain adalah desain modul kamera. Model desain kamera ponsel ini memiliki bentuk persegi panjang dengan warna hitam yang berani. Hal ini seolah memberi tahu bahwa sektor kamera menjadi nilai jual utama ponsel ini.

Lihat Juga :   Review Singkat Samsung Galaxy A11, Ponsel ‘Hemat’ Budget Dari Samsung

2. Performa Tidak Mengecewakan

Performa tidak mengecewakan

Review 10 Kelebihan dan Kekurangan vivo X70 Sama seperti seri sebelumnya, Vivo membenamkan chip yang berbeda untuk versi X70 Pro yang dijual di China dengan yang dijual secara internasional.

Pada vivo X60 Pro, vivo membenamkan Qualcomm Snapdragon 870 untuk versi global atau internasional. Sedangkan untuk China, Vivo X70 Pro dijual dengan chipset Exynos 1080 5 nm dari Samsung.

Chipset Exynos 1080 masih disematkan pada vivo X70 Pro untuk China. Namun, secara global, bukan Snapdragon 870 yang digunakan. Vivo X70 Pro versi global menggunakan chipset Mediatek Dimensity 1200 5G. Chipset ini merupakan chipset berbasis fabrikasi 6 nm dengan kode MediaTek MT6893.

Penggunaan Mediatek Dimensity 1200 5G membuat performa Vivo X70 Pro mampu menawarkan performa yang cukup baik meski di kelas harganya. Bahkan, nilai Antutu diklaim mencapai 700, tepatnya 720,491

Angka ini cukup tinggi. Beberapa tes menunjukkan bahwa nilai Antutu vivo X70 Pro di bawah 700 berfungsi. GSMArena misalnya menyebutkan bahwa berdasarkan AnTuTu 9, jumlahnya adalah 694.499. Sementara itu, 91mobiles mencatat AnTuTu 9 sebanyak 675.722.

Angka ini menyaingi vivo X60 Pro yang pada pengujian AnTuTu 9 mencapai 720 poin. Angka yang cukup kompetitif sebenarnya. Namun, apakah performanya tidak lebih baik dari vivo X60 Pro yang menggunakan Snapdragon 870? Tentu saja tidak.

Berdasarkan pengujian dari 91mobiles, vivo X70 Pro mampu melakukan berbagai tugas dengan baik.

Pekerjaan seperti game intensif yang menyedot sumber daya GPU, menjalankan banyak aplikasi dan beralih di antara keduanya, mengoperasikan layar terpisah, atau bahkan video 4K amatir di perangkat yang ditangani dengan baik.

Menariknya, performa vivo X70 Pro masih bisa mempertahankan 75 persen performa puncaknya setelah 30 menit penggunaan. Performa yang benar-benar menarik.

Namun, GSMArena memiliki pandangan tersendiri. Menurut mereka, vivo X70 Pro tidak sebanding dengan ponsel lain di kelas harga yang sama. Penggunaan chipset

Menurut mereka, vivo X60 Pro yang dilengkapi dengan Snapdragon 870 memiliki performa yang lebih baik di semua skenario pengujian. Tentu ini juga bukan hal yang mutlak karena tim GSMArena juga menguji perangkat lain yang menggunakan Dimensity 1200 dan hasilnya pun lebih baik.

Bisa dikatakan bahwa Vivo X70 Pro memiliki potensi besar dari segi performa. Sayangnya, vivo perlu melakukan optimasi lebih lanjut terhadap software tersebut, terutama terkait interface-nya, FunTouch OS.

3. Layar AMOLED yang Sangat Cerah

Layar AMOLED Super cerah

Review 10 Kelebihan dan Kekurangan vivo X70 Layar pada vivo X70 Pro memiliki peningkatan yang signifikan dibandingkan vivo X60 Pro. Betapa tidak, layar ponsel ini digarap serius oleh Vivo. Mengandalkan teknologi layar Samsung E5 AMOLED, layar ponsel ini memberikan kecerahan dan efisiensi daya yang baik.

Sebagai catatan, layar E5 AMOLED pada Vivo X70 Pro merupakan panel layar yang mengelola standar pembuatan layar TFT LTPS. Berkat teknologi ini, layar vivo X70 Pro memiliki panel 10-bit dan dapat memvisualisasikan 1 miliar warna dengan baik.

Layar dengan dimensi 6,5 inci 1080 x 2376 piksel ini juga menawarkan tampilan layar yang cerah. Bahkan, kecerahan layarnya bisa mencapai 1.300 nits. Selain itu, layar Vivo X60 Pro menawarkan fitur HDR10+ dan juga refresh rate 120 Hz. Tak ketinggalan, layarnya juga mendukung laju sampling sentuh 240 Hz.

Lihat Juga :   Review Singkat Huawei P40 Pro, Best Camera Phone

Sebenarnya fitur-fitur tersebut bisa dibilang tidak terlalu istimewa. Pasalnya, fitur-fitur tersebut agak mirip dengan fitur yang ada di layar Vivo X60 Pro.

Termasuk hadirnya SGS Eye Care dan SGS Seamless yang memastikan layar ponsel ini aman untuk mata, karena radiasi sinar biru telah diminimalkan hingga kurang dari 7,5 persen.

4. Kapasitas  Baterai Oke

Baterai pada vivo X70 Pro hanya 4.450 mAh. Tetapi, baterai ini tidak sekecil angka yang ditawarkannya. Baterai cukup oke. Menurut 91mobiles, daya tahan baterai Vivo X70 Pro masih tergolong rata-rata. Namun, GSMArena memiliki pandangan berbeda. Berdasarkan pengujian yang mereka lakukan, Vivo X70 Pro mendapatkan skor rating daya tahan yang baik.

Waktu bicara mencapai 123 jam, internet hingga 18 jam, dan pemutaran video mencapai lebih dari 20 jam adalah hasil yang cukup baik. Peringkat daya tahan mereka mencapai 123 jam. Sementara vivo X60 Pro berada pada peringkat ketahanan 77 jam, itu jauh di belakang.

Menurut GSMArena, vivo X70 Pro menawarkan peningkatan daya tahan baterai yang sangat besar dibandingkan dengan vivo X60 Pro. Bisa jadi karena vivo X70 Pro menggunakan panel AMOLED E5 yang lebih hemat dibandingkan panel Samsung.

Selain itu, kehadiran chipset baru, dan sedikit peningkatan kapasitas baterai (naik 4.450 mAh dari 4.200 mAh) seharusnya berkontribusi pada skor ketahanan keseluruhan 123 jam yang mengesankan.

5. Mempunyai Teknologi Gimbal Stabilization 3.0

Kamera menjadi sektor yang menjadi perhatian vivo X70 Pro. Hal ini dikarenakan vivo melakukan hal yang sama pada vivo X60 Pro. Kamera ini menjadi sektor paling laris di seri X Vivo. Apalagi ada teknologi Smooth Gimbal Stabilization.

In vivo X60 Pro yang digunakan adalah gimbal stabilization generasi kedua yang memiliki teknologi pixel shift, dan lensa Zeiss. Sistem stabilisasi optik berbasis gimbal diklaim 3 kali lebih baik daripada OIS biasa dalam guncangan vertikal dan horizontal.

Pada vivo X70 Pro, Stabilisasi Gimbal yang digunakan adalah generasi ketiga. Teknologi ini bekerja dalam 5 sumbu yang didukung oleh algoritma EIS atau stabilisasi gambar elektronik.

Terutama karena sistem stabilisasi gimbal generasi kedua, teknologi pergeseran piksel, dan lensa Zeiss. Sistem stabilisasi optik berbasis gimbal diklaim 3 kali lebih baik daripada OIS biasa dalam guncangan vertikal dan horizontal.

Teknologi gimbal terdapat pada kamera utama yang memiliki sensor 50MP dengan mode standar 12,5 MP. Sensor yang digunakan adalah Sony IMX766V yang telah diadaptasi oleh Sony khusus untuk vivo.

Selain kamera 50MP, Vivo juga menghadirkan tiga kamera lainnya, yakni kamera telefoto periskop 8 MP, kamera telefoto 12 MP, dan kamera ultrawide 12 MP.

Sama seperti generasi sebelumnya, Vivo masih menggandeng Zeiss sebagai partner untuk meningkatkan teknologi kamera pada Vivo X70 Pro. Zeiss bisa dibilang menjadi pihak yang mengesahkan standar kualitas gambar kamera Vivo X70 Pro.

Kolaborasi ini akhirnya membuat Vivo X70 Pro mampu menghadirkan gambar yang tajam dan berwarna. Kualitas kamera utamanya sangat bagus. GSMArena menyebut kualitas kamera ponsel ini mampu menyuguhkan foto-foto superior baik dalam mode 50 MP.

Lihat Juga :   Review Singkat iQOO Z1, Ponsel Gaming Dari Sub Brand Vivo

6.  Charging Cepat sampai 44 watt

Selain daya tahan baterai yang baik, vivo X70 Pro memiliki kemampuan pengisian daya yang relatif cepat. Berkat teknologi FlashCharge 44w, ponsel ini dapat terisi penuh hanya dalam waktu satu jam. Hal ini sesuai dengan eksperimen yang dilakukan oleh GSMArena. Mengisi daya dalam 30 menit, ternyata mendapatkan daya 64%. Sedangkan untuk kenyang, hanya butuh waktu satu jam.

Kekurangan vivo X70 Pro

Tidak pernah ada cerita bahwa sebuah ponsel bisa memberikan kepuasan di berbagai sektor. Oleh sebab itu, sebuah ponsel pasti memiliki sisi yang kurang disukai oleh konsumen. Beberapa poin berikut ini akan menjelaskan beberapa kekurangan dari vivo X70 Pro

1. Mono Speaker

vivo X70 Pro harus lebih menarik di sektor multimedia. Sayangnya, vivo X70 Pro hanya menempatkan speaker bawah di sebelah port USB C dan slot dual-SIM. Tidak ada speaker stereo sepertinya merupakan kelemahan yang cukup besar. Kekurangannya, speaker stereo memberikan pengalaman multimedia yang cenderung negatif.

2. Keunggulan Hanya di Satu Kamera Utama Saja

Kamera utama vivo X70 Pro bisa dibilang kamera yang cukup bisa diandalkan. Padahal, dalam pengujian foto dalam kondisi minim cahaya, hasilnya bagus banget.

Dalam kondisi gelap, kamera utama tidak memiliki ketajaman yang baik tetapi mampu menawarkan rentang dinamis yang kontras, kontras yang baik, dan detail yang cukup baik.

Sayangnya, Vivo hanya fokus pada kamera utama. Tiga kamera belakang lainnya yang sebenarnya memiliki potensi cenderung biasa saja. Tidak buruk, tapi masih belum maksimal. Padahal, kualitas kamera depan ponsel ini menurut GSMArena mengecewakan.

Selain itu, pengaturan kamera Vivo X70 Pro bisa dibilang salah satu yang terbaik. Semuanya bisa menghadirkan kemampuan yang oke dan masih bisa diterima. Meski fokusnya selalu pada kamera utama.

3. Sayang nya Tidak Ada IP Rating

Review 10 Kelebihan dan Kekurangan vivo X70Satu hal yang belum diperbaiki dari produk vivo adalah vivo belum berani menghadirkan kemampuan waterproof pada produknya. setidaknya, sampai artikel ini ditulis.

Agar ponsel ini semakin menarik untuk dilihat, tentunya perlu adanya kemampuan tahan air dan bisa membuat Vivo X70 Pro semakin menarik jika dibandingkan dengan Vivo X60 Pro. Semoga di seri X berikutnya vivo akan menghadirkan kemampuan waterproof alias IP Rating

4. Belum Ada Wireless Charging dan Rekaman 4K

vivo X70 Pro berpotensi menjadi ponsel kelas atas yang andal. Sayangnya, lagi-lagi ada beberapa fitur yang seharusnya ada pada ponsel high-end. Contohnya adalah kemampuan wireless charging. Selain itu, vivo X70 Pro memiliki kemampuan merekam video 4K yang kurang mengesankan untuk kelas harganya.

Vivo masih mempertahankan identitas seri X-nya sebagai smartphone flagship sejati, terutama di sektor kamera. Tidak lagi menggunakan Snapdragon 870, vivo X70 Pro tetap memberikan pengalaman yang baik dalam menjalankan performa berat.

Kualitas kamera yang sudah teruji di seri sebelumnya, tetap dipertahankan di seri ini. Faktanya, kombinasi kamera di ponsel ini cenderung lebih baik, meskipun tentu saja ada hal lain yang perlu dikompromikan lebih lanjut. Tapi kita tahu bahwa tidak ada ponsel yang sempurna.

Aplikasi Terkait :