Situs Short URL Terbaik untuk Memperpendek Link Secara Gratis

Posted on

Tautan artikel atau halaman arahan yang berisi slug terlalu panjang sering menimbulkan masalah saat Anda ingin membagikan konten di media sosial. Solusinya, Anda bisa menggunakan situs short URL terbaik website untuk memangkas kelebihan karakter.

Ada banyak layanan pemendek tautan atau short URL terbaik yang bisa digunakan. Beberapa gratis, tetapi beberapa mengharuskan Anda membayar biaya berlangganan.

Nah, untuk memudahkan Anda dalam memangkas URL agar lebih elegan, berikut ini kami telah menyusun daftar rekomendasi situs URL pendek terbaik berdasarkan fitur, tarif berlangganan, dan fungsi umum.

Apa Itu Situs Short URL?

Situs Short URL Terbaik

Situs URL pendek adalah situs yang memungkinkan Anda untuk mempersingkat URL panjang dengan mudah. Anda dapat mengubah tautan URL menjadi sangat pendek, tanpa mengubah halaman yang ingin Anda buka. Dengan kata lain, tidak ada yang berubah kecuali jumlah karakter.

Situs Pemendek URL Terbaik

Ada banyak situs short URL bertebaran di dunia maya. Namun, jangan bingung karena di bawah ini kami telah memilihkan delapan situs pemendek URL tercanggih untuk Anda.

1. TinyURL

TinyURL sudah ada sejak tahun 2002 dan bisa dikatakan sebagai pelopor situs short URL di internet. TinyURL masih berfungsi dengan baik hingga saat ini, meskipun tidak menawarkan fitur sebanyak situs URL pendek lainnya.

Tautan yang Anda persingkat di TinyURL tidak akan kedaluwarsa. Artinya, tautan akan tersedia selamanya dan Anda dapat menggunakannya sepuasnya. Jadi, jangan khawatir tentang tautan yang rusak nanti.

Oh ya, selain memperpendek link dengan mengunjungi situs TinyURL, Anda juga bisa langsung mempersingkat link melalui toolbar browser. Cukup seret dan lepas tautan di situs web TinyURL ke bilah alat peramban Anda.

Fitur unggulan:

  • Gratis.
  • Link aktif selamanya. Anda tidak perlu khawatir tentang tautan yang rusak.
  • Dapat mempersingkat tautan melalui bilah alat. Tidak perlu mengunjungi situs web TinyURL, Anda dapat mempersingkat tautan melalui bilah alat hanya dengan satu klik.

2. Bitly

Bitly adalah situs short URL terbaik dan terpopuler saat ini. Contoh alasannya adalah Anda tidak harus buat akun untuk memakai Bitly. Anda pula dapat mempersingkat tautan apapun yang Anda mau.

Namun, untuk mempermudah analisis dan pemantauan data, sebaiknya buat akun gratis di Bitly. Sebab, dengan akun gratis Anda akan mendapatkan beberapa fitur yang bisa mendukung bisnis online. Dari penyesuaian URL hingga pelacakan RKT.

Lihat Juga :   Cara Cek Denda Tilang Online lewat e Tilang Info

Selain itu, tautan apa pun yang Anda persingkat di Bitly dilindungi oleh enkripsi HTTPS. Jadi jangan khawatir jika tautan pendek Anda disusupi virus atau seseorang mengubah tujuan tautan.

Bitly telah dipercaya oleh banyak merek besar di dunia, seperti McDonald’s dan Dunkin’ Donuts. Bahkan, kami juga menggunakan sedikit dalam setiap promosi di media sosial kami.

Cara membuat short URL sendiri di Bitly juga sangat mudah hanya dengan beberapa klik saja. Namun, versi gratis hanya memungkinkan Anda untuk mengubah URL kembali. Jika Anda ingin menyesuaikan domain URL Anda (bit.ly), Anda harus berlangganan paket Dasar minimal $29/bulan.

Fitur unggulan:

  • Tanpa membuat akun masih bisa mempersingkat link sebanyak mungkin.
  • Akun gratis menyediakan fitur yang dapat membantu bisnis online Anda. Misalnya, fitur penyesuaian URL dan pelacak RKT.
  • Enkripsi HTTPS, memastikan keamanan tautan yang Anda persingkat.
  • Cara membuat short URL sendiri sangatlah mudah.

3. Tiny.cc

Situs URL pendek lainnya yang mendukung kustomisasi URL untuk kebutuhan branding bisnis Anda. Tiny.cc menawarkan harga yang cukup murah untuk kustomisasi URL dibandingkan situs short URL lainnya, yaitu hanya $5/bulan.

Tapi jangan khawatir, jika hanya ingin mempersingkat tautan, Tiny.cc tidak memungut biaya sepeser pun kok.

Selain fitur kustomisasi URL, Tiny.cc juga memiliki beberapa fitur lainnya. Anda dapat melacak kinerja tautan yang dipersingkat. Mulai dari melihat CTR, hingga mengetahui lokasi dan browser yang digunakan oleh orang yang mengklik link tersebut.

Fitur unggulan:

  • Gratis jika Anda hanya mempersingkat tautan.
  • Harga berlangganan rendah. Hanya dengan $5 Anda sudah bisa menikmati berbagai fitur seperti kustomisasi URL, view CTR, dan masih banyak lainnya.

4. Rebrandly

Rebrandly adalah situs pendek URL terbaik untuk kustomisasi URL dengan nama merek Anda. Di Rebrandly, Anda dapat membuat nama domain Anda sendiri yang akan digunakan di setiap tautan.

Rebrandly juga menyediakan berbagai fitur lainnya, seperti pengaturan link expired, analytics, converting link ke QR Codes dan masih banyak lainnya. Namun, untuk menikmati semua fiturnya, Anda diharuskan berlangganan mulai dari $29/bulan.

Lihat Juga :   Cara Cek IMEI di Kominfo, dan Semua Hal Yang Harus Kalian Ketahui

Fitur unggulan:

  • Sesuaikan tautan dengan domain yang Anda inginkan.
  • Ini memiliki segudang fitur lain yang dapat mendukung bisnis online Anda. Misalnya, mengatur kedaluwarsa tautan, analitik, dan membuat Kode QR.

5. T2M

Satu lagi situs URL pendek terbaik dengan fitur lengkap. T2M memiliki dasbor tempat Anda dapat melihat berbagai data statistik. Dasbor ini memudahkan Anda untuk menganalisis kinerja berbagai tautan yang dipersingkat.

T2M juga menawarkan penyesuaian URL yang dapat Anda atur kedaluwarsanya, perpendek beberapa tautan sekaligus, dan bagikan tautan ke media sosial hanya dengan satu klik.

Salah satu fitur unik T2M yang jarang ditemukan di situs short URL lainnya adalah Custom Analytic Reports. Fitur ini memungkinkan Anda untuk meminta laporan statistik yang tidak disediakan di dasbor bawaan.

Anda bisa menanyakan alamat IP orang yang mengklik, browser yang digunakan, seberapa sering orang tersebut mengklik, dan masih banyak lagi. Anda tinggal meminta custom report yang diinginkan ke customer support T2M.

Dengan fitur yang melimpah tersebut, sayangnya T2M tidak menawarkan versi gratis atau bahkan uji coba gratis. Versi termurah adalah paket Dasar yang dapat Anda nikmati selamanya dengan membayar $5.

Fitur unggulan:

  • Dashboard dengan berbagai statistik memudahkan Anda untuk menganalisa performa link.
  • URL yang dapat disesuaikan dengan tanggal kedaluwarsa.

6. BL.INK

BL INK

BL.INK adalah situs short URL dengan fitur yang sangat lengkap dengan dashboard yang user friendly. Dengan BL.INK Anda dapat menyesuaikan tautan dan melacak lokasi orang yang mengkliknya, perangkat yang digunakan, dan bahkan bahasa sehari-hari mereka.

Menariknya, BL.INK versi gratis menawarkan hampir semua fitur yang dimilikinya. Namun, ini terbatas pada satu pengguna dan 1.000 klik per tautan saja. Jika bisnis Anda kecil, Anda dapat mencoba BL.INK versi gratis ini.

Oh ya, BL.INK juga punya fitur bernama Smart Link. Fitur ini memungkinkan Anda membuat tautan berdasarkan kata kunci populer, sehingga menarik lebih banyak lalu lintas dan meningkatkan tingkat konversi.

Tingkat konversi ini sangat penting karena dapat menjadi indikasi apakah bisnis Anda menguntungkan atau tidak. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang tingkat konversi di artikel → Apa itu Tingkat Konversi dan Cara Mengoptimalkannya

Lihat Juga :   Apa Itu IMEI, Serta Bagaimana Cara Melihatnya

Fitur unggulan:

  • Versi gratis yang menawarkan hampir semua fitur yang tersedia. Namun, dibatasi untuk satu pengguna dan 1.000 klik per tautan.
  • Dasbor yang ramah pengguna. Anda tidak akan bingung untuk mencoba semua fitur BL.INK.
  • Tautan Cerdas yang memungkinkan Anda membuat tautan berdasarkan kata kunci populer. Ini tentu saja dapat menarik lebih banyak lalu lintas dan meningkatkan tingkat konversi.

7. YourIs

Tidak jauh berbeda dengan Porl, YourIs memungkinkan Anda membuat domain URL sendiri secara gratis karena fitur self-hosting. Oleh karena itu, untuk menggunakan YourIs Anda harus menginstal dan menjalankannya di server pribadi.

YourIs menawarkan beberapa fitur yang tak kalah menarik, seperti bisa membuat private atau public link, melihat statistik performa link, dan masih banyak lagi lainnya.

Namun, jangan khawatir, meski memiliki banyak fitur, YourIs mengklaim ringan dan tidak akan membebani server Anda.

Fitur unggulan:

  • Hosting mandiri memungkinkan Anda membuat domain URL gratis.
  • Tidak membebani server.

8. Polr

Polr adalah situs URL pendek terbaik yang dikenal dengan fitur hosting sendiri. Fitur ini merupakan alternatif cara membuat short URL sendiri sesuai keinginan secara gratis. Namun, karena fitur hosting mandiri ini, Anda harus memahami PHP, Lumen, dan MySQL untuk menggunakan Polr.

Polr juga memiliki fitur yang mirip dengan situs URL pendek lainnya, seperti kustomisasi domain URL dan analisis kinerja tautan.

Satu hal yang membedakan Polr adalah ia menyediakan demo terlebih dahulu, sehingga Anda bisa mendapatkan ide yang jelas sebelum memutuskan untuk mencobanya.

Fitur unggulan:

  • Hosting sendiri. Anda dapat membuat domain URL dengan nama merek Anda sendiri secara gratis.
  • Demo disediakan. Anda bisa mengetahui lebih jelas apa itu Polr sebelum memakainya.

Lihat Juga informasi Lainnya :

Bagaimana mudah kan, pakai situs-situs diatas untuk memperpendek link yang anda miliki. Ikuti terus kami agar mendapatkan tips yang lebih bermanfaat, oke!