SONY Xperia 5 II Resmi Meluncur, Bawa Kemampuan Gaming

Posted on

kinemaster.co.id – Hari ini SONY resmi mengumumkan kehadiran smartphone andalan terbarunya, SONY Xperia 5 II. Model ini hadir dengan sejumlah peningkatan dibanding generasi sebelumnya, namun dengan harga yang relatif lebih terjangkau.

SONY Xperia 5 II hadir dengan desain khas ponsel SONY lainnya, ringkas dan nampak compact. Ponsel ini menggunakan frame berbahan dasar alumunium, serta lapisan kaca Gorilla Glass 6 baik pada permukaan layar maupun cover bagian belakang. Menariknya tampilan muka ponsel ini terlihat sangat bersih, tidak ada notch maupun lubang punch-hole pada layar yang digunakan-nya. Konsekuensi dari desain tersebut adalah hadirnya sedikit space di bagian atas dan bawah layar, meski begitu ukurannya sangat kecil dan masih enak untuk dipandang.

Ponsel ini datang dengan berbekal layar OLED berukuran 6,1 inci dengan resolusi Full HD+. SONY turut membenamkan sejumlah fitur terkini pada layar jagoan terbarunya ini, seperti dukungan refresh rate 120Hz. Kecepatan sentuh hingga 140Hz, serta tampilan rasio aspek 21:9 yang membuatnya sangat nyaman digunakan untuk menonton filem

Tidak seperti beberapa model smartphone terbaru saat ini yang minim tombol fisik, SONY justru membekali jagoan terbarunya ini dengan sejumlah tombol. Mulai dari tombol power, volume rocker, shutter kamera, hingga tombol Google Assistant khusus lengkap tersedia di dalamnya.

Lihat Juga :   Qualcomm Perkenalkan Chipset 5nm Baru, Snapdragon 780G 5G

Bisa jadi ponsel gaming

Salah satu rumor yang paling ramai dibahas soal Xperia 5 II adalah kemampuan ponsel ini untuk kegiatan gaming. Di atas kertas spesifikasi ponsel ini sangat mendukung untuk kegiatan gaming, Snapdragon 865 dan didukung oleh RAM berukuran 8GB. Apa sudah cukup? Tentu belum, tapi disini SONY menambahkan sedikit improvement untuk mendukung kegiatan tersebut. Sesuatu yang jarang dilakukan oleh SONY sebelumnya.

SONY Xperia 5 II dibekali sebuah struktur graphene baru pada desain-nya, yang mana memungkinkan uap panas yang dihasilkan dari chipset dapat dikeluarkan lebih cepat. Dengan mekanisme tersebut, chipset SD865 yang digunakan-nya dapat dipaksa berjalan dengan kecepatan clock maksimal dalam rentang waktu yang lebih lama.

Selain itu, SONY turut menghadirkan sebuah fitur bernama Game Enhancer. Fitur ini membawa sejumlah dukungan untuk pengaturan kecepatan refresh saat bermain game, hingga pengurangan tampilan blur. Selain itu tersedia juga mode permainan expert focus untuk game berbasis eSports, serta fitur mem-blokir navigasi saat dalam mode gaming.

Lihat Juga :   Sony Rilis Earbud TWS Baru, Sony WF-SP800N

Bersamaan dengan beberapa fitur menarik tersebut, ponsel ini juga sudah dilengkapi dengan fitur tangkap layar secara default. Tidak hanya menangkap tampilan layar dalam bentuk gambar, pengguna juga dimungkinkan untuk merekam aktivitas layar berikut audio-nya. Bisa dibilang ponsel ini benar – benar cocok untuk kegiatan entertaiment, seperti streaming atau sekedar membuat video gaming.

Kamera kelas atas

SONY Xperia 5 II membawa konfigurasi triple camera. Meski begitu, SONY membenamkan berbagai teknologi kamera mutakhir di dalamnya. Ponsel ini bahkan mampu merekam video dengan format 4K HDR 120fps. Kamera ponsel ini menjanjikan tampilan video super mulus, baik pada mode normal maupun mode pengambilan slow-mo.

SONY Xperia 5 II Resmi Meluncur, Bawa Kemampuan Gaming

Kamera Xperia 5 II juga mampu melakukan fokus dengan sangat cepat dalam kondisi apapun, termasuk pada kondisi kurang cahaya seperti malam hari. SONY mengatakan rahasia dari kemampuan ini ada pada ukuran sensor yang sedikit lebih besar, serta ukuran piksel yang telah ditingkatkan dari generasi sebelumnya. Sensor yang digunakan sendiri memiliki aperture f/ 1.7, yang mana memiliki kemampuan menangkap cahaya lebih banyak serta memberikan tampilan kedalaman bidang yang lebih baik.

Selain itu, SONY juga telah meningkatkan pengambilan RAW mode pada seri ini. Sekarang pengguna akan dapat melakukan pengambilan gambar dalam format RAW + JPEG sekaligus, atau hanya dalam format RAW saja. Dengan fitur tersebut pengguna menjadi lebih mudah dalam menyeleksi gambar hasil bidikan yang diambil menggunakan kamera ponsel ini tentunya.

Lihat Juga :   HMD Luncurkan Smartphone Murah Nokia C1 Plus, Layar Besar & Android Go

Harga & ketersediaan

Pre-order Sony Xperia 5 II akan dibuka pada tanggal 29 September mendatang, dan akan mulai tersedia untuk pembelian umum pada tanggal 4 Desember. Sementara untuk harga yang patok oleh SONY, Xperia 5 II akan dibanderol mulai dari $ 949 atau sekitar Rp 14 jutaan.

Spesifikasi lengkap Sony Xperia 5 II

Ukuran LayarOLED 6.1 inci FHD+, 120Hz
ChipsetQualcomm Snapdragon 865
RAM8GB
Memori128GB/256GB, micro SD card slot available
KameraBelakang: 12MP f/1.7 24mm, 12MP 16mm dan 12MP 70mm
4K HDR 120fps video capable
Depan: 8MP
Fitur lain3.5mm headphone jack, dual front-facing speakers
Dolby Atmos, Hi-Res Audio, DSEE Ultimate and 3D Reality Audio
IP65/68
OSAndroid 10 (upgradeable to Android 11)
Baterai4.000 mAh
Dimensi158 x 68 x 8mm, 163 gram
variant Black
Menulis untuk mengisi waktu luang.