Xiaomi Sedang Buat HP Dengan kamera 150 Megapiksel

Posted on

Sebelumnya Xiaomi dan Samsung diketahui bekerja sama untuk membuat kamera ponsel dengan resolusi mencapai 108 megapiksel. Sekarang, kedua perusahaan tersebut kembali berkolaborasi untuk membuat sensor kamera dengan resolusi mencapai 150 megapiksel yang akan segera meluncur pada Q4 tahun ini.

Xiaomi Sedang Buat HP Dengan kamera 150 Megapiksel

Sejalan dengan laporan tersebut, sebuah statmen dikeluarkan oleh pemilik akun weibo dengan nama I ice universe. Akun yang terkenal dengan keakuratan informasinya tersebut menegaskan, Xiaomi akan menjadi produsen pertama yang menjual smartphone dengan resolusi kamera mencapai 150 megapiksel pada kuartal keempat tahun ini.

Sensor dibuat oleh samsung

Sementara tu sensor kamera dipastikan akan dibuat oleh Samsung. Namun raksasa Korea Selatan itu tidak akan menjadi yang pertama mengadopsi teknologi tersebut ke jajaran smartphone produksinya. Saat ini, tidak ada informasi tentang model smartphone Xiaomi mana yang akan menggunakan sensor kamera tersebut.

Menurut beberapa laporan, sensor kamera 150 megapiksel buatan Samsung tersebut telah menyelesaikan fase R&D. Kamera dengan resolusi super tersebut dikabarkan dibuat menggunakan teknologi Nonacell, yang mana teknologi ini mirip dengan sensor ISOCELL Bright HM1 pada Galaxy S20 Ultra .

Lihat Juga :   Intip Gambar Render Ponsel Berkamera Bawah Layar ZTE Axon 20 5G

Teknologi Nonacell memungkinkan sensor untuk menggabungkan sembilan piksel menjadi satu guna mencapai penyerapan cahaya yang lebih tinggi. Secara teknis hasil akhir sensor tersebut memiliki jumlah piksel sekitar 16MP.

Oppo dan Vivo membuat kamera 150 megapiksel

Laporan lain juga mengungkapkan bahwa OPPO dan Vivo akan ikut meluncurkan smartphone dengan kamera 150MP. Akan tetapi kedua perusahaan tersebut baru akan meluncurkan produknya pada kuartal pertama tahun depan.

Kabar lainnya juga mengungkap jika saat ini Samsung telah memulai pengembangan sensor kamera 250 megapiksel. Baru-baru ini, perusahaan mengungkapkan bahwa mereka berencana untuk mengembangkan sensor kamera dengan resolusi mencapai 600 megapiksel .

Namun, ambisi Samsung untuk sensor kamera di masa depan tidak terbatas pada angka resolusi 600MP. Perusahaan juga sedang mencari cara untuk membuat sensor yang dapat mendefinisikan bau dan rasa. Samsung juga diketahui berencana menyediakan sensor kamera untuk berbagai keperluan lainnya, termasuk kendaraan otonom, drone, dan perangkat IoT  (Internet of Things) lainnya.

 

Sumber : 1

Lihat Juga :   Kamera “Gimbal” Vivo X50 Pro Menggoda Lewat Sebuah Video Teaser
Menulis untuk mengisi waktu luang.